HTTP Status[404] Errno [0]

Balai POM Makassar Rekomendasikan Enam Kasus 2012

18 July 2012 16:04
Balai POM Makassar Rekomendasikan Enam Kasus 2012
Obat-obat berbahaya

BugisPos.com — Balai Pengawasan Obat dan Makanan Kota Makassar merekomendasikan enam kasus untuk diproses secara hukum pada Januari – Juni 2012.
“BPOM dalam menjalankan tugasnya mengeluarkan dua jenis rekomendasi yakni terkait dengan sanksi hukum untuk memberikan efek jera dan sanksi sosial,” kata Kepala BPOM Makassar Muh Guntur di Makassar, Selasa 17/7/12

Dia mengatakan, dari enam kasus yang diproses secara hukum itu tiga kasus sudah tahap P21 atau pelimpahan berkas ke pengadilan dan tiga kasus lainnya dalam proses justicia.

Sementara dari temuan kasus itu, lanjut dia, lokus deliktinya seagian besar di Kota Parepare, Sulsel. Sedang barang bukti yang disita dalam kasus itu berupa kosmetik dan bahan makanan.

“Sementara temuan kasus lainnya dalam tahap pembinaan, juga ada yang diintervensi untuk tidak melakukan tindakan serupa,” katanya seperti dirilis Antara News

Adapun pemantauan BPOM terhadap produk kosmetika, obat dan bahan pangan, karena terindikasi kadauwarsa, tidak terdaftar dan ilegal.

Selain itu, lanjut Guntur, karena menggunakan zat berbahaya misalnya zat pewarna tekstil yang digunakan untuk bahan makanan.

Begitu pula bahan pengawet yang menggunakan Borax atau formalin yang diperuntukkan untuk mengawetkan mayat, tetapi digunakan untuk mengawetkan makanan olahan.

“Semua zat berbahaya itu tidak boleh digunakan mencampur bahan makanan, karena dapat membahayakan kesehatan, khususnya menyebabkan kanker,” katanya (una)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya