HTTP Status[404] Errno [0]

Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 20 Juli 2012

18 July 2012 15:24
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 20 Juli 2012
Illustrasi

BugisPos.com — Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan 1433 Hijriyah, yaitu jatuh pada Jumat, 20 Juli 2012. Sementara 1 Syawal atau hari pertama lebaran pada Minggu, 19 Agustus 2012.

“Berdasarkan perhitungan astronomi, hilal telah wujud pada Kamis, 19 Juli, meskipun mungkin terlihat atau tidak terlihat. Pada Kamis malam, dilaksanakan shalat tarawih. Esoknya, Jumat, 20 Juli, mulai puasa,” kata Ketua Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), dan Kebijakan Publik PP Muhammadiyah, Abdul Fatah, Rabu (4/7/2012) di Jakarta.

Abdul Fatah menjelaskan, keputusan itu merupakan hasil perhitungan adanya hilal (hisab wujudul hilal) oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Keputusan telah disebarkan ke seluruh anggota organisasi keagamaan ini sejak pertengahan Juni, bersamaan penutupan Rapat Tanwir Muhammadiyah di Bandung, Jawa Barat.

Muhammadiyah berencana tidak mengikuti Sidang Isbath (penetapan) awal Ramadhan yang biasa digelar Kementerian Agama. Itu demi mengurangi ketegangan dan untuk kebaikan bersama.

“Kami berharap, semua pihak bisa menghargai dan menghormati perbedaan pendapat dan tetap menjalankan ibadah puasa. Perbedaan pendapat awal Ramadhan dan 1 Syawal sudah terjadi sejak lama,” katanya. (*)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya