HTTP Status[404] Errno [0]

124.443 Pecandu Narkoba di Sulsel Butuh Rehabilitasi

22 July 2012 18:01
124.443 Pecandu Narkoba di Sulsel Butuh Rehabilitasi
Illustrasi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Illustrasi

BugisPos.com – Sebanyak 124.443 orang pencandu atau penyalah guna Narkoba di Sulsel memerlukan perawatan rehabilitasi.
“Hal itu berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN) sesuai dengan hasil pendataan di lapangan,” kata Kepala BNN Provinsi Sulsel Kombes Richard Nainggolan di Makassar, Selasa 10/6/12

Dia mengatakan, untuk penanganan penyalah guna atau pecandu narkoba di Sulsel dan juga daerah di Kawasan Timur Indonesia, BNN telah menyiapkan Balai Rehabilitasi di Baddoka, Makassar.

Dengan kapasitas lahan sekitar 2,5 hektare, gedung rehabilitasi yang dibangun diatas lahan itu mampu menampung sekitar 300 – 400 orang pasien.

Selain itu, untuk penanganan pasca rehabilitasi BNN Pemprov Sulsel bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin, Makassar menyediakan hutan pendidikan sebagai sarana pelayanan pasca rehabilitasi yang menggunakan pendekatan konservasi alam di Bengo-Bengo, Kabupaten Maros.

“Tujuan program pasca rehabilitasi itu agar mantan penyalah guna atau pecandu Narkoba dapat menyelesaikan “therapeutic Community” di lokasi rehabilitasi,” katanya seperti dikutip Antara News.

Selanjutnya, mantan penyalah guna atau pecandu Narkoba dapat memantapkan bakat dan keterampilannya melalui pendekatan konservasi alam, sehingga akhirnya dapat kembali menjadi manusia yang mandiri dan produktif.

Berkaitan dengan hal tersebut, dia mengatakan, diperlukan penyadaran masyarakat untuk hidup sehat, sekaligus mengubah “mindset” bahwa penyalahgunaan narkoba merupakan penyakit yang dapat dipulihkan (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya