HTTP Status[404] Errno [0]

Disayangkan, RS Sayang Rakyat Mengecewakan

22 July 2012 18:32
Disayangkan, RS Sayang Rakyat Mengecewakan
Pelayanan di RS Sayang Rakyat
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos.com – Bahwa Rumah Sakit (RS) Sayang Rakyat yang dibangun gubernur Syahrul Yasin Limpo, yang diperkenalkan ke masyarakat sebagai wujud peduli pasangan Sayang kepada rakyat Sulsel ; ternyata rumah sakit ini sungguh disayangkan karena telah mengecewakan rakyat Sulsel sendiri.

Kekecewaan itu muncul belakangan ini, karena kehadiran RS yang dibanggakan pasangan Sayang ini, justeru sulit dijangkau oleh rakyat yang membutuhkan layanan pengobatan. Inilah kendala utama RS ini, disamping kendala pembangunan gedung untuk memenuhi target 1000 tempat tidur.

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengemukakan, Pemprov Sulsel sudah meminta penyelenggara jalan tol agar membuka akses menuju RS Sayang Rakyat. Namun, hingga saat ini permintaan tersebut belum juga dipenuhi.

Persetujuan pembukaan akses tol ke jalan arteri menuju lokasi RS Sayang Rakyat juga tidak mudah. Pengelola harus mengantongi izin atau persetujuan dari penyelenggara jalan tol Kementerian Pekerjaan Umum.

Selain sulitnya memperoleh akses dari jalan tol, RS Sayang Rakyat juga tidak memiliki jalan resmi. Selama ini, masyarakat yang hendak berobat mesti melalui jalan kompleks milik pengembang perumahan.

Jalan masuk yang dijanjikan sejak 2009 lalu tidak juga direalisasikan. Kendala inipula yang membuat kendaraan umum tidak bisa masuk ke RS Sayang Rakyat, sehingga menyulitkan pasien atau pengunjung.

Pembangunan RS Sayang Rakyat dengan pemenuhan fasilitasnya termasuk ketersediaan 1000 tempat tidur dan jalan aksesnya sebenarnya ditargetkan terpenuhi setidaknya 2010 lalu. Namun, Agus mengakui target penyediaan 1000 tempat tidur tidak bisa terpenuhi hingga tahun ini.

“Tempat tidurnya sudah ada 500 unit bantuan dari Pak Jusuf Kalla. Hanya 250 unit yang sudah terpakai dan lainnya tersimpan di gudang karena belum ada gedung untuk menampung,” ujar Agus.

Agar target penyediaan 1000 tempat tidur bisa segera terealisasi, Pemprov Sulsel mendesak anggota DPRD Sulsel juga bisa mempercepat pengalokasian anggaran pembangunan gedung. “Yang penting sudah ada target. Yang sulit kalau tidak ada target,” kata Agus Arifin Nu’mang (darna)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya