HTTP Status[404] Errno [0]

Kebakaran Pasar Toddopuli, Duduga Karena Petasan

22 July 2012 16:59
Kebakaran Pasar Toddopuli, Duduga Karena Petasan
Pasar Inpres Toddopuli saat terbakar (foto : rudhy/bp)
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Pasar Inpres Toddopuli saat terbakar (foto : rudhy/bp)

BugisPos.com — Kebakaran yang menimpa Pasar Toddopuli, Kelurahan Paropo Kecamatan Panakkukang, Jumat 20/7/2012 sekitar jam 22.00 wita malam, yang menghanguskan sebanyak 86 kios pedagang, oleh aparat berwajib belum dapat memastikan sebab-sebab terjadinya kebakaran.

Namun sejumlah pengunjung Warkop 76 dan Warkop 115 yang berdekatan dengan lokasi kebakaran, mengatakan bahwa sesaat sebelum terjadi kebakaran, sejumlah kembang api beterebangan ke udara di sekitar lokasi pasar, yang mengeluarkan bunyi keras seperti mercun.
Para pengunjung itu menduga kuat, bahwa kembang api yang menyala-nyala terbang ke udara, ada yang jatuh di lokasi pasar dalam keadaan masih menyala, lantas mengenai barang-barag yang mudah terbakar dalam pasar.

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulselbar, yang turun ke lokasi TKP belum bisa memastikan penyebab pastinya. Polsekta Panakkukang, Kompol Agung Kanigoro Nusantoro, bersama tim Labfor Polda Sulsel yang melakukan olah tempat kejadian perkara dengan memotret dan mengumpulkan sisa puing-puing kebakaran guna diselidiki lebih lanjut.
“Untuk saat ini kami belum bisa menyimpulkan pemicu terjadinya kebakaran ini,” kata Kapolsek Panakkukang, Kompol Agung Kanigoro Nusantoro, Sabtu malam 21/7/2012
Dilokalisir

Kepala Pasar Toddopuli, Ardiansyah, mengatakan, pihaknya akan melokalisir para pedagang agar tetap bisa berjualan seperti hari-hari biasa.

“Pihak pasar akan berusaha untuk melakukan perbaikan secepat mungkin agar pedagang yang terkena musibah kebakaran bisa berjualan kembali,” kata Ardiansyah. Kepala PD Pasar Kota Makassar Drs.Hakim Syahrani kepada BugisPos membenarkan keterangan kepala pasar. Kata dia, PD Pasar segera membangu kios sebanyak 86 buah. Hanya saja pihaknya masih pisung dimana kio-kios itu akan dibangun. Saat disarankan kios dibangun saja di seputar kompleks Cakar, Hakim hanya tertawa dan buru-buru mengatakan nanti lagi kita bicara karena dia lagi mendampingi Walikota buka puasa bersama di Lapangan Karebosi Sabtu 21/7/12.

Pengamatan BugisPos di lokasi, pada empat sisi pasar Toddopuli, hanya pada satu sisi yang terbakar, yakni pada sisi barat/utara, yang berdekatan dengan kantor Lurah Paropo. Sisi lainnya tidak sempat tersentuh api, karena pihak pemadam kebakaran yang tiba di lokasi sekitar 15 menit setelah kebakaran berlansung, berhasil memadamkan api dengan cepat. Kadis Kebakaran Kota Makassar Imran Samad kepada BugisPos mengatakan, pihaknya menurunkan tiga unit pemadam kebakaran, dan ternyata mampu memadamkan api yang sedang berkobar dalam waktu hanya 30 menit.
Ir.Ismunandar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kota Makassar yang dikonfirmasi, menyatakan pihaknya tidak membuka posko bencana di lokasi, karena para korban bencana hanya kios jualannya yang terbakar dan mereka tidak tinggal di dalam pasar (rudhy/una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya