HTTP Status[404] Errno [0]

Seragamkan Waktu Shalat dan Puasa, Walikota Sediakan Radio di Masjid

23 July 2012 16:25
Seragamkan Waktu Shalat dan Puasa, Walikota Sediakan Radio di Masjid
Ilham Arief Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Ilham Arief Sirajuddin

BugisPos.com – Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, bertekad meminimalisir perbedaan waktu shalat dan puasa di setiap mesjid, dengan membagikan radio kepada setiap masjid yang ada di kota Makassar.

Penyerahan secara simbolis puluhan unit radio kepada sejumlah pengurus masjid berlangsung di Baruga Anging Mamiri dalam acara Sarahsehan Peengurus Masjid se Kota Makassar, kerjasama Radio Al Aqsa, 92,5 fm dengan Pengurus Daerah Dewan Mesjid Indonesia Kota Makassar, Rabu 11/7/12.

“Pengalaman selama ini, sering saya temui ada masjid yang sudah azan, sementara masjid lain yang ada di dekatnya masih memutar suara orang mengaji. Ini menandakan tidak adanya acuan bersama dalam menetapkan waktu shalat, maupun waktu imsak serta waktu buka puasa. Untuk itu, setiap masjid nantinya harus merelay waktu azan yang bersumber dari masjid Raya Makassar ataupun masjid Al Markaz Al Islami yang diputar radio sehingga tercipta keseragaman ” ujar Ilham.

Secara simbolis, sejumlah pengurus masjid masing – masing diserahi satu unit radio. “Insya Allah, semua masjid yang selama ini belum memiliki radio akan kami prioritaskan. Kami masih terus melakukan pendataan dengan berkordinasi dengan Pengurus Daerah Dewan Mesjid Indonesia Kota Makassar serta stakholder lainnya, yang berkompeten untuk memenuhi semua masjid yang kami maksud ” lanjut Ilham.

Selain media radio, Ilham juga mendorong seluruh televisi lokal di Makassar untuk menyeragamkan waktu shalat, imsak serta waktu berbuka. “Mari menciptakan kebersamaan, keseragaman waktu sehingga tercipta ketertiban, Insya Allah ibadah kita akan lebih afdal ” lanjut Ilham.

Dalam saresehan ini, hadir Ketua Pengurus Daerah Dewan Mesjid Indonesia Kota Makassar, H. Abdul Hamid, Kordinator Gerakan Ilham Membawa Berkah (GIMB) Ustad Rahman Qayyum, seratusan imam masjid, pengurus masjid, serta sejumlah perwakilan organisasi masyarakat Islam yang ada di kota Makassar.

Dihadapan ratusan pengurus masjid, Ilham mengingatkan tentang pentingnya manajemen mengurus rumah Allah. ” Pemberdayaan kelompok remaja masjid sangat penting mengingat besarnya tanggung jawab merawat rumah Allah, agar ummat yang beribadah memiliki kesejukan saat beribadah di dalam masjid ” lanjut Ilham.

” Salah satu ukuran kinerja pengurus masjid yakni kebersihan toilet dan tempat wudhu. Ciptakan daya tarik untuk masuk di dalam masjid, beri jaminan kenyamanan, termasuk keamanan barang – barang, seperti sandal jamaah, sehingga ummat tenang beribadah ” ujar Ilham.

Sementara itu Ketua Pengurus Daerah Dewan Mesjid Indonesia Kota Makassar, H. Abdul Hamid saat membacakan laporan mengatakan bahwa kepedulian pemerintah kota Makassar dalam mewujudkan pelayanan kepada umat merupakan momentum untuk menciptakan harmonisasi yang bermartabat.

“Masjid perupakan pusat pelayanan informasi bagi umat utamanya untuk mendapatkan pesan keagamaan. Menciptakan keseragaman dalam beribadah tentunya akan berujung pada ketertiban. Insya Allah ibadah lebih berkualitas, untuk itu apresiasi terhadap upaya pemkot Makassar wajar kita sampaikan ” ujar Abdul Hamid (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya