HTTP Status[404] Errno [0]

Hemm .. Gaya Korupsi Randis PLN

25 July 2012 12:48
Hemm .. Gaya Korupsi Randis PLN
Hemm .. Gaya Korupsi Randis PLN
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Hemm .. Gaya Korupsi Randis PLN

BugisPos.com – Penyidik Tindak Pidana Korupsi Polda Sulawesi Selatan segera meningkatkan status hukum kasus dugaan korupsi penggelembungan anggaran sewa kendaraan dinas PLN Sulawesi Maluku dan Papua (Sulmapa) dari penyelidikan ke tahap penyidikan.

Direktur Reserse dan Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Sulselbar Kombes Pol. Dani Wiswa Wardana melalui Kabid Humas Kombes Pol. Chevy Ahmad Sopari di Makassar, Minggu, menyebutkan jika kasusnya masih dalam tahap penyelidikan dan akan meningkatkan statusnya ke penyidikan jika semua syarat-syaratnya terpenuhi.

“Untuk sementara ini memang kasusnya masih bergulir di bagian Tipikor Polda dan masih dalam tahap penyelidikan. Beberapa yang terkait juga sudah dimintai keterangannya,” ujarnya seperti dirilis Antara News.

Berdasarkan data yang diperoleh, Pelaksana Tugas (Plt.) General Manajer PLN Unit Induk Pembangunan Jaringan (UIP-Ring) Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulmapa) Suaib Sakariah sudah dimintai keterangannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengadaan Barang dan Jasa Suradi juga menyusul sehari setelah pemeriksaan Suaib Sakariah. Keduanya diperiksa karena terlibat langsung dalam penggelembungan anggaran sewa kendaraan dinas untuk para pejabat teras di PLN.

Anggaran sewa menyewa kendaraan dinas itu membengkak dari tahun sebelumnya yang hanya Rp2 miliar menjadi Rp3,7 miliar dengan tipe kendaraan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Anggaran sewa randis itu untuk satu unit Mitsubishi Pajero yang diperuntukkan untuk GM PLN pada tahun anggaran (TA) 2011 hanya Rp12,5 juta per bulan membengkak menjadi Rp20 juta/bulan.

Untuk enam unit kendaraan Toyota Kijang Innova yang diperuntukkan kepada para manajer, anggaran sebelumnya hanya Rp7 juta per unitnya per bulan membengkak menjadi Rp12 juta.

Empat unit kendaraan dinas Honda Freed yang diperuntukkan untuk manajer bidang dipatok dengan sewa senilai Rp11,5 juta untuk per unitnya dalam sebulan. Serta tiga unit mobil Toyota Rush dengan anggaran Rp9 juta per unitnya dalam sebulan.

“Kami masih mendalami kasus ini dan dugaan kerugian negara itu memang cukup besar. Namun, semuanya masih harus dibuktikan dulu sebelum ditingkatkan ke penyidikan,” kata mantan Wadir Lantas Polda Sulselbar itu.

Pelaksana Tugas GM PLN UIP-Ring Sulmapa, Suaib Sakariah, yang dikonfirmasi melalui telepon genggamnya serta pesan singkat yang dilayangkan kepadanya juga belum dijawab. Bahkan, beberapa kali panggilan telepon yang dilakukan juga ditolaknya tanpa ada penjelasan dari pihaknya (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya