HTTP Status[404] Errno [0]

Kualitas Beras Sulbar Kalah Bersaing

25 July 2012 14:36
Kualitas Beras Sulbar Kalah Bersaing
Ilustrasi beras
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos.com — Kualitas beras yang dihasilkan petani di Provinsi Sulawesi Barat, dianggap kalah bersaing dengan kualitas beras yang dihasilkan petani di Provinsi Sulawesi Selatan.
“Kualitas beras di Sulbar memang rendah dibandingkaan kualitas beras yang dihasilkan petani di Sulsel. Ini dampak karena petani di Sulbar masih menggunakan mesin penggilingan tradisional,”kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Minggu 22/7/12

Menurutnya, jika petani Sulbar terus menerus memanfaatkan mesin penggilingan yang masih tradisional maka kualitas beras di daerah ini akan tetap dibawah standar.

“Petani di Sulsel sudah menggunakan mesin penggilingan dengan teknologi canggih sedangkan kita masih tradisional. Makanya, jangan heran jika beras asal Pinrang dan Sidrap itu banyak yang beredar di Mamuju,”katanya.

Sebenarnya kata dia, stok beras dari provinsi Sulsel ini juga merupakan hasil panen petani di Polman Sulbar.

“Kebanyakan hasil panen petani di Sulbar dibawa ke Pinrang untuk digiling. Hasilnya, kembali di distribusi ke Sulbar,”katanya kepada Antara News.

Ia mengatakan, ratusan mesin penggilingan padi yang tersebar dilima Kabupaten di Sulbar 50 persen diantaranya sudah tidak memadai sehingga butuh perbaikan,

Karena itu kata gubernur, ia meminta agar pemerintah ditingkat pusat dapat membantu petani di Sulbar meningkatkan kualitas berasnya dengan memberikan bantuan mesin penggilingan padi.

“Jika kita memiliki mesin penggiling yang bagus maka kualitas beras Sulbar pun akan bagus. Apalagi produksi padi semakin meningkat dan bahkan setiap tahun telah mengalami peningkatan hingga mencapai 16 persen,”pungkasnya (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya