HTTP Status[404] Errno [0]

Operasi Pasar Majene Terkendala Ketersediaan Anggaran

25 July 2012 14:35
Operasi Pasar Majene Terkendala Ketersediaan Anggaran
Pasar Majene

BugisPos.com — Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, menyatakan tidak akan melakukan operasi pasar untuk mengantisipasi kenaikan harga karena terkendala ketersediaan anggaran.
“Selama ini, kami memang tidak pernah melakukan operasi pasar untuk mengantisipasi kenaikan harga sebab pada dasarnya kami tidak menyediakan anggaran untuk hal tersebut,” kata Kepala Bidang Perdagangan, Diskoperindag Majene, Ida Nursanti, di Majene, Selasa 24/7/12

Ia mengakui, untuk mengantisipasi kenaikan harga, salah satunya melalui operasi pasar atau menggelar pasar murah. Namun, hal tersebut dianggap tidak terlalu signifikan sebab hanya terjadi beberapa hari menjelang Ramadan dan beberapa hari menjelang Idulfitri.

Di lain pihak, lanjut dia, keterbatasan anggaran untuk melakukan operasi pasar juga menjadi kendala utama sehingga pihaknya memutuskan pada tahun ini tidak melakukan kembali operasi pasar.

“Kami berharap anggaran tersebut tetap dialokasikan baik dari pemkab, pemprov, maupun bersumber dari pemerintah pusat sehingga kenaikan harga menjelang Ramadan dan Idulfitri bisa diantisipasi,” katanya kepada Antara News.

Kendati demikian, kata Ida, beberapa petugas lapangan Diskoperindag Majene tetap melakukan pentauan terhadap kenaikan harga di sejumlah pasar untuk mempermudah pemerintah mengambil beberapa langkah maupun kebijakan.

Hanya saja, upaya antisipasi kenikan harga yang selama ini biasa ditempuh pemerintah di sejumlah daerah lain tidak mampu dilakukan di Majene sebab keterbatasan anggaran tersebut, katanya menandaskan.

Dari hasil pantauan, harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di Pasar Sentral Majene mengalami lonjakan. Namun, hal tersebut tidak mengurangi minat warga untuk mendatangi dan berbelanja di pasar tersebut sebab beberapa kebutuhan yang akan dibeli telah dipersiapkan sebelumnya.

“Malalui pantauan harga, kami berharap mampu mengantisipasi kenaikan harga sehingga tidak terjadi lonjakan cukup signifikan dan tidak terlalu memberatkan warga,” kata Ida (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya