HTTP Status[404] Errno [0]

Sulsel Bentuk Pos Satgas Peduli THR

29 July 2012 01:56
Sulsel Bentuk Pos Satgas Peduli THR
Illustrasi

Illustrasi

BugisPos.com — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan melakukan persiapan pembentukan Pos Satuan Tugas Ketenagakerjaan Peduli Lebaran 2012 untuk mengawasi pelaksanaan pembayaran tunjangan hari raya (THR).
“Mungkin minggu depan sudah terbentuk. Dalam posko ini hanya dari Disnaker saja yang masuk tim. Sebenarnya tanpa kami terima surat edaran kementerian, kami tetap akan buka posko-nya, karena setiap tahun memang sudah seperti itu. Titik pengawasan dan koordinasinya dipusatkan di pos utama di kantor Disnakertrans,” kata Kepala Disnakertrans Provinsi Sulsel Saggaf Saleh di Makassar, Kamis 26/7/12

Pos tersebut akan menjadi pusat monitoring dan pengawasan terhadap perusahaan dalam pelaksanaan pembayaran THR pekerja sesuai ketentuan.

Satuan tugas ini akan bertugas memantau dan mengawasi pelaksanaan pembayaran THR, termasuk masalah aturan ketepatan waktu dan besaran nilai yang dibayarkan.

Tim juga berfungsi untuk memberikan penjelasan ataupun menerima pengaduan dari pekerja, perusahaan dan masyarakat serta menjembatani sengketa pemberian THR antara pekerja dengan perusahaan.

“Intinya kami siap menerima pengaduan di sana, kami juga akan turun. Jika ada aduan yang masuk di posko ini, kami akan langsung turun menindaklanjuti,” ujarnya.

Saggaf menegaskan, sesuai peraturan kementerian, THR merupakan hak pekerja yang wajib dibayarkan oleh pengusaha secara tepat waktu, paling lambat tujuh hari sebelum lebaran.

“Perintahnya biasa satu minggu sebelum lebaran baru efektifnya kami turun. Karena batasnya satu minggu, maka sebelum lebaran THR yang tidak dibayar, kami akan turun langsung,” katanya seperti dikutip Antara News.

Sesuai dengan imbauan kementerian, dia menegaskan, tidak akan segan-segan memberikan tindakan atau sanksi terhadap perusahaan-perusahaan yang membayar THR tidak sesuai ketentuan. Tindakan itu mulai dari penyadaran, mediasi, teguran hingga tuntutan hukum (una)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya