HTTP Status[404] Errno [0]

Kualitas Pendidikan Rendah Karena Kinerja Guru

30 July 2012 17:29
Kualitas Pendidikan Rendah Karena Kinerja Guru
Dg.Maklassa
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, kembali melahirkan Doktor Ilmu Manajemen. Dg. Maklassa berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Sarana dan Prasarana Terhadap kinerja Guru dan Kualitas Pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan” di Aula Gedung Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Kamis 18/7/12 lalu seperti dirilis Fajar.
Ujian Sidang Promosi Doktor dipimpin langsung Rektor UMI Prof Dr Hj. Masrurah Mokhtar, MA dengan promotor; Prof Dr H. Mansyur Ramly, SE,MSi, Ko-Promotor Prof H. Murdifin Haming, SE,MSi,Ph.D, Dr H. Muchtar Lamo, SE.,MSi, sedangkan Dewan Penguji/Penilai Prof Dr H. Basri Modding, SE,M.Si, Prof Dr H. Mursalim Umar Gani, SE, MSi, H. Hamzah Hafied, SE,M.Si, Ph.D, Dr St. Sukmawati, SE,MM, Prof Dr Murjani Kamaluddin, SE,M, (Penguji Eksternal dari Guru Besar Universitas Haluoleo Kendari) dan Prof Dr Sufirman Rahman, SH, MH.

Maklassa mengungkapkan, kualitas pendidikan yang ada di Indonesia dewasa ini masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara ASEAN apalagi dengan negara-negara Eropa.

Saat ini kualitas pendidikan Indonesia dianggap masih rendah karena beberapa indikator; pertama, lulusan dari sekolah belum siap memasuki dunia kerja karena minimnya kompetensi yang dimiliki. Kedua, peringkat indeks pengembangan manusia (human development index) masih sangat rendah. Ketiga, mutu akademik di bidang IPA, Matematika masih rendah, Keempat, penguasaan terhadap iptek masih tertinggal dari negara-negara lain.

Indeks Prestasi Kumulatif menunjukkan masih banyak di bawah standar 7.5 dan banyaknya lulusan tidak terserap ke sekolah negeri. Hal ini yang menjadi penilaian bahwa kualitas pendidikan yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan dikategorikan masih rendah.

Sedangkan kualitas pendidikan yang masih rendah dikarenakan kinerja guru yang rendah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, hal ini terlihat dari banyaknya sekolah yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan terutama Sekolah Dasar Negeri memiliki tenaga pengajar yang kurang mampu menghasilkan siswa yang berprestasi.

Acara dihadiri Kabid Pendidikan Dasar & Menengah Kota Makassar, Pembantu Dekan IV Unismuh Makassar, Pengurus PGRI Kota Makassar, dan Para Guru-guru SDN Sangir, keluarga dan para handai taulan. Maklassa dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan merupakan alumni Doktor Ilmu Manajemen UMI yang ke-38 (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya