HTTP Status[404] Errno [0]

Mendikbud: Uji Kompetensi Guru tidak Terkait Tunjangan

30 July 2012 17:00
Mendikbud: Uji Kompetensi Guru tidak Terkait Tunjangan
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) digelar untuk pemetaan kompetensi seba sPos gai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Kegiatan itu tidak ada hubungannya dengan pembayaran pembayaran tunjangan profesi guru (TPG) yang selama ini sudah diterima bagi yang memiliki sertifikat pendidik.

“UKG merupakan kesempatan guru untuk mengembangkan profesionalitasnya secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hidup .”

“UKG sebagai pengujian terhadap penguasaan kompetensi profesional dan pedagogik dalam ranah kognitif sebagai dasar penetapan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dan bagian dari penilaian kinerja guru,” jelas Mendikbud M Nuh ketika melakukan inspeksi mendadak pelaksanaan UKG di SMP Negeri 19 Jakarta Selatan, Senin 30/7/12 seperti dirilis MICOM

Lebih lanjut, ia juga menegaskan UKG selain tidak akan memengaruhi pembayaran TPG tidak akan menjadi syarat kenaikan pangkat dan atau jabatan fungsional guru.

Ketika ditanya tentang dasar hukum UKG yang menjadi pertanyaan sejumlah organisasi guru yang menolak pelaksanaan UKG, M Nuh menjelaskan dasar hukum UKG diatur pada Pasal 7 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005.

Pasal itu menyebutkan, profesi guru merupakan pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip memiliki kompetensi sesuai dengan bidang tugas.

Ia menjelaskan pada PP No 74/2008 Pasal 2 diatur bahwa guru wajib memiliki kompetensi, lalu pasal 3 menyatakan kompetensi yang dimaksud merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas (*)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya