HTTP Status[404] Errno [0]

Mochtar Kusumaatmadja, Legenda Hidup Diplomat Indonesia

30 July 2012 17:48
Mochtar Kusumaatmadja, Legenda Hidup Diplomat Indonesia
Mochtar Kusumaatmadja

BugisPos  – Sosoknya begitu dihormati di lingkungan Kementerian Luar Negeri. Meski sudah renta, semua orang memberi salam hormat padanya. Dialah legenda diplomat Indonesia, Mochtar Kusumaatmadja.

Saat acara refleksi tahun 2011 dan proyeksi 2012 Kementerian Luar Negeri, Mochtar tampak hadir di jejeran para mantan menlu. Mengenakan batik cokelat dan bertongkat, dia diapit oleh tokoh-tokoh Kemenlu, termasuk Menteri Marty Natalegawa.

Nama Mochtar bahkan disebut oleh Marty untuk yang pertama kali dalam pidatonya. “Yang kami hormati, Bapak Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, Menteri Luar Negeri RI periode 1978 – 1988,” tutur Marty sambil menundukkan kepala.

Penghormatan itu wajar saja. Sebab, Mochtar adalah legenda hidup diplomat Indonesia saat ini. Di masa kepemimpinannya, Kemenlu terkenal garang. Terutama dalam urusan-urusan yang menyangkut batas darat, batas laut teritorial, dan batas landas kontinen Indonesia.

Guru Besar Fakultas Hukum Unpad ini pernah tercatat banyak berperan dalam konsep wawasan nusantara, terutama saat dia menjabat sebagai wakil Indonesia di PBB New York dan Jenewa.

Kini, meski sudah berusia 82 tahun, semangatnya untuk terus beraktivitas belum sirna. Tak sedikit pun dia melewatkan perkembangan situasi Tanah Air. Semua dipantaunya lewat pemberitaan media massa.

“Saya tiap hari masih baca koran,” ucapnya saat ditemui detikcom, Rabu (4/1/2012).

Meski begitu, dia tak mau memberikan komentar banyak soal perkembangan diplomasi Tanah Air akhir-akhir ini. Menurut pria yang gemar bermain catur ini, apa yang sudah dilakukan pemerintah sekarang sudah bagus.

“Nggak ada komentar apa-apa. Sudah bagus, saya cukup memantau dari koran saja,” tutupnya sambil tertawa.

Mochtar lahir pada 17 April 1929. Gelar sarjanai diraihnya dari Fakultas Hukum UI. Dia lantas melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Hukum Yale, Universitas Yale, AS pada 1955. Mochtar lantas menekuni program doktor bidang ilmu hukum internasional di Universitas Padjadjaran.

Mochtar memulai karier diplomasi pada usia 29 tahun. Dari wikipedia, dia dikenal sebagai sosok yang piawai dalam mencairkan suasana dalam suatu perundingan yang amat serius, bahkan menegangkan. Dia cepat berpikir dan melontarkan kelakar untuk mencairkan suasana. Maklum, dia suka berkelakar.

Di pemerintahan, selain menjadi Menlu, Mochtar juga sempat duduk di kursi Menteri Kehakiman zaman Orde Baru. Dia juga pernah menjadi wakil Indonesia di Konferensi Hukum Laut, Jenewa, Colombo, Tokyo pada 1958-1961. Mochtar pun pernah menjadi wakil Indonesia pada Sidang PBB mengenai Hukum Laut, Jenewa dan New York. Mochtar pun tercatat sebagai guru besar di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung ***


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya