HTTP Status[404] Errno [0]

Untuk Sang Petarung

30 July 2012 17:49
Untuk Sang Petarung
Ilham Arief Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Ilham Arief Sirajuddin

BugisPos — Walikota Ilham Arief Sirajuddin, yang pada saat melaksanakan Umroh di Tanah Suci Mekah bersama sang isteri tercinta, Ny.Aliayah Ilham, tak pernah menyangka bila pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-66 tahun yang lalu, akan mendapat penghargaan maha tinggi dari negara.

Ilham bahkan tak percaya, bila dirinya mendapatkan anugrah Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama. Di benak Walikota Makassar dua periode ini, seolah memprotes, sebab Ilham merasa apa yang telah dia kerjakan selama memimpin Kota Makassar, masih sangat jauh dari sempurna. Sebuah pengakuan tulus dari seorang Walikota, yang penuh sikap merendah.

Namun ketika Ilham, lelaki yang mendapat gelar PETARUNG dari Tabloid BugisPos ini, sudah memastikan anugrah negara itu benar-benar dia dapatkan, maka dia bersama sang isteri tercinta, pada 8 Agustus 2011, bergegas menuju Masjidil Haram, dan langsung Sujud Syukur. “Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah swt. Semoga penghargaan ini mampu melipatgandakan semangat seluruh warga Kota Makassar, untuk bekerja lebih keras lagi dalam menciptakan kemajuan di Kota Makassar” demikian antara lain yang diucapkan Ilham dalam sujud syukur tersebut, yang kemudian disampaikannya ke publik Makassar melalui BBM.
Betapa bersyukur dan bahagianya Ilham Arief Sirajuddin, karena pada tahun 2011 ini, dia mendapatkan penghargaan dari negara. Dan satu hal bagi Ilham, bahwa penghargaan negara ini, sesungguhnya bukan hanya untuk dirinya, akan tetapi adalah untuk seluruh warga Kota Makassar.

Sebuah Spririt

Bagi Ilham, penghargaan ini akan menjadi spirit baginya untuk bekerja lebih keras lagi dalam mewujudkan pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan bagi warga Kota Makassar.
Penghargaan ini akan didedikasikan Ilham untuk seluruh masyarakat Makassar.
Bintang Jasa Utama merupakan anugerah sipil tertinggi untuk orang yang berjasa kepada Indonesia, terutama untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Penghargaan serupa pernah diberikan oleh Presiden SBY kepada Stanley Ann Dunham, ibunda Presiden Amerika Serikat Barrack Obama.
Selain Ilham, tujuh warga Indonesia lainnya dari berbagai latar belakang profesi, mendapat anugerah yang sama, dan diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat 12 Agustus 2011.
Bintang Jasa Utama ini, merupakan tanda jasa kelas pertama setingkat di bawah Bintang Mahaputra dan diberikan kepada warga sipil dengan pencapaian prestasi luar biasa. Anugrah seperti ini sangat langka terjadi. Karena itulah Ilham semula tak percaya, namun akhirnya dia percaya juga setelah menerima faksimili yang dikirim Sekretaris Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara, Senin, 8 Agustus. Surat bernomor R-724/sesmilpres/GT.00.00/08/2011 ditandatangani Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutaryo.
Bagi Ilham, tentu semua ini tidak lain adalah berkah dan merupakan spririt untuk peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Makassar. Itulah penghargaan untuk Sang Petarung.

Mengapa Ilham dapat Anugrah ?
Berdasarkan UU No.20 tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, serta Peraturan Pemerintah nomor 35 tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU No.20 tahun 2009, bahwa untuk mendapatkan Bintang Jasa, seorang bupati/walikota atau gubernur, terlebih dahulu harus sudah pernah mendapatkan Satyalencana Pembangunan serta Satyalencana Wirakarya.
Sedangkan untuk mendapatkan Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wirakarya, terhadap yang bersangkutan harus dilakukan penilaian kinerja sepanjang masa jabatannya, minimal empat tahun terakhir.
Dari penilaian inilah yang dijadikan dasar oleh negara dalam memilih sosok yang layak untuk diberi anugrah tersebut.
Pada tahun 2010, Ilham Arief Sirajuddin memang telah dianugrahi tanda kehormatan Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wirakarya. Inilah sesungguhnya yang mejadi landasan oleh negara sehingga negara memutuskan Walikota Ilham Arief Sirajuddin layak menerima Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama.
Selama Ilham memimpin Kota Makassar hingga pada periode kedua, dari segi peningkatan kesejahteraan rakyat memang harus diakui punya dampak positif. Bahwa semua gebrakan dan program yang dicanangkan Ilham, efeknya sangat bepengaruh pada peningkatan kesejahteraan warga kota Makassar.
Dengan revitalisasi Lapangan Karebosi misalnya, diakui atau tidak, dampaknya sangat positif dalam perkembangan ekonomi masyarakat. Karebosi Link menjadi mall bawah tanah pertama di Indonesia yang memberi dampak kemajuan perekonomian, selain pembangunan lapangan Karebosi yang representatif.
Program Makassar Gemar Membaca (MGM) juga tidak kalah pentingnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sebab dari kegemaran membaca masyarakat akan semakin cerdas dan paham bagaimana menjalani hidup dan kehidupan yang lebih layak.
Dari segi investasi, dalam kepemimpinan Ilham Arief Sirajuddin juga memberi peluang seluas-luasnya kepada para investor untuk menanamkan modalnya di Makassar. Bagi Ilham, setidaknya ada dua hal penting yang bisa didapatkan Makassar dari investor, yakni kemajuan perekonomian dan terserapnya tenaga kerja lokal yang lebih banyak. Tentunya pada kedua sektor ini, akan memberi dampak positif bagi kemakmuran warga Kota Makassar.

Riwayat Hidup :
ILHAM ARIEF SIRADJUDDIN

Tempat & Tgl. Lahir : Makassar, 16 September 1965
Alamat : Jl. Sungai Saddang No. 54 Makassar
Anak ke-7 dari sebelas bersaudara
Agama : Islam
Nama Ayah : Kol. (Purn) Polisi H.M.Arief Sirajuddin (alm) mantan Bupati Gowa dua periode.
Nama Ibu : Hj. St. Djohrah
Data Keluarga :

Nama Istri : Hj. Aliyah Mustika Abdullah, SE.
Tempat & Tgl. Lahir : Makassar, 30 Maret 1969

Anak :

1. Amirul Yasmin Ramadhansyah
Tempat & Tgl. Lahir : Sungguminasa, 17 Februari 1994
2. Zulfikar Nur Alamsyah
Tempat & Tgl. Lahir : Sungguminasa, 14 Nopember 1995
3. ST. Hamsinah Khaeratunnisa
Tempat & Tgl. Lahir : Makassar, 1 Nopember 1997
4. ST. Mukhlisathul Amalia
Tempat & Tgl. Lahir : Makassar, 10 Nopember 2001

Pendidikan :
1. SD Mangkura, Ujung Pandang, tahun 1977.
2. SMP VI Ujung Pandang tahun 1981.
3. Tahun 1984, tamat di SMA Negeri VII Bandung,
4. Fakultas Pertanian Unhas, lulus tahun 1992.
5. Tahun 2000, lulus Program Pasca Sarjana Angkatan 13 di UMI Makassar.

Riwayat Pekerjaan :
1. Direktur PT. Mustika Pratama Persada (1992 – 1999)
2. Komisaris PT. Mustika Pratama Persada (1992 – Sekarang)
3. Anggota DPRD Sulsel (1999 – 2004)
4. Walikota Makassar 08 Mei 2004 s/d 11 Juli 2008
5. Walikota Makassar 08 Mei 2009 s/d Sekarang

Organisasi :
Ilham adalah sosok yang sangat getol berorganisasi. Seabrek organisasi dia geluti, hingga dalam perjalannnya dia berhasil memenangkan pertarungan menduduki kursi Ketua Patia Demokrat Sulawesi Selatan untuk periode 2010-2015 :
1. Sekretaris Umum PD XIX FKKPI. REI Sulsel (1991 – 1994)
2. Sekretaris PD. FKPPI Sulsel (1992 – 1997)
3. Wakil Bendahara DPD II Golkar Makassar (1992 – 1997)
4. Wakil Ketua I PD XIX FKKPI. (1994 – 1998)
5. Sekretaris Umum DPD REI Sulsel (1995 – 1999)
6. Wakil Ketua I DPD AMPI Sulsel (1995 – 2000)
7. Pengelola PSM Makassar (1995 – sekarang)
8. Wakil Ketua BPD HIPMI Sulsel (1996 – 2003)
9. Ketua Biro Pemuda dan Olahraga DPD I Golkar Sulawesi Selatan 1998 – 2001
10. Ketua Kompartemen Koperasi KADIN Sulsel (1999 – Sekarang)
11. Ketua Harian AMPI Sulsel (2000 – Sekarang)
12. Ketua DPD Partai Golkar Kota Makassar (2001 – 2010)
13. Ketua PD. KBPPP Sulsel (2003 – Sekarang)
14. Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel (2009-2010)
15. Ketua NASDEM Sulsel (2010-2015)
15. Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel ( 2010 – 2015 )
Penghargaan :
Penghargaan yang pernah diterima Ilham Arief Sirajuddin, antara lain :
1. Manggala Karya Kencana Kelas I dari Presiden RI thun 2006. 2.
2. Wahana Tata Nuhgraha dari Presiden RI thun 2006.
3. Penghargaan Penataan Pertanahan Nasional dari Presiden RI tahun 2006,
4. Citra Pelayanan Prima Bidang PDAM dari Presiden RI tahun 2006
5. Penyelenggaraan dan Pengembangan Pendidikan di Sulawersi Selatan olel Gubernur Propinsi Sulsel H. M. Amin Syam
6. Penghargaan atas peran serta pengabdiannya dalam upaya Melestarikan Jiwa, Semangat, dan Nilai-nilai 45, oleh Jenderal TNI Purn. H. Surono.
7. Bhumi Bhakti Adhiguna, atas partisipasi dan dukungannya untuk menjadikan Pertanahan sebagai sumber kemakmuran rakyat melalui sumbangan pemikiran, kontribusi dalam meningkatkan mutu pelayanan dan pengembangan infrastruktur pertanahan serta melalui mekanisme koordinasi yang baik dengan jajaran Badan Peratanahan Nasinal, oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional RI, Joyo Winoto, Ph.
8. Penghargaan Penanganan Wilayah Kumuh Perkotaan (Kota Metropolitan) oleh Presiden Republik Indonesia
9. Penghargaan Pelayanan Citra Pelayanan Prima, oleh Presiden Republik Indonesia
10. Manggala Karya Kencana, oleh Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, Dr.Sumarjati Arjoso, SKM)
11. Penghargaan sebagai “Penutur Bahasa Indonesia Terbaik Tingkat Nasional Kategori Birokrat” dari PP. IMABSII (Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia se Indonesia) yang diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Bahasa Depdiknas RI,
12. Nugra Jasadarma Pustaloka oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI. Sisaksikan oleh Wakil Presiden RI. Atas peran sertanya dalam memasyarakatkan perpustakaan dan minat baca di Indonesia (Ganjaran atas perbuatan baik yang berguna bagi orang lain atau Negara dalam bidang perpustakaan)
13. Bakti Koperasi dan UKM Tahun 2007 dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI
14. Satyalencana Pembangunan, tahun 2010
15. Satyalencana Wirakrya, tahun 2010
16. Penghargaan Penggerak Koperasi dari Menteri Koperasi dan UKM RI
Tahun 2011
17. Anugerah Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden RI, 12 Agustus 2011

(Usdar Nawawi)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya