HTTP Status[404] Errno [0]

Agar Jaya Sudah Pasti Jadi Sekkot, SK Sudah Diteken Gubernur

01 August 2012 20:18
Agar Jaya Sudah Pasti Jadi Sekkot, SK Sudah Diteken Gubernur
Agar Jaya

BugisPos – Drs.H.Agar Jaya,MM, sudah pasti menjadi Sekretaris Kota Makassar. Hal ini didasarkan atas sudah terbitnya SK gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, 1 Agustus 2012. Saya sudah lihat sendiri SKnya, kata Firman, salah seorang pejabat di Bagian Protokol Pemkot Makassar. Hanya saja, kapan dilakukan pelantikan oleh Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, jadwalnya belum ditentukan. Karena walikota sedang melaksanakan ibadah umrah di tanah suci Mekah. Sekembalinya walikota dalam beberapa hari ini, dipastikan Agar Jaya segera dilantik.

Obsesi Agar Jaya

Agar Jaya, punya satu impian jika terpilih menjadi sekkot definitif. Impiannya itu, yakni memperbaiki tata kelola keuangan Pemkot Makassar.

Akibat tata kelola keuangan buruk, pemkot memperoleh opini wajar dengan pengecualian atau WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, tahun ini.

Opini tersebut akan diubah menjadi opini wajar tanpa pengecualian atau WTP. Obsesi mengubah opini didasarkan pada pengalamannya mengelola keuangan pemerintah daerah.

“Jika memang diberi waktu untuk melakukannya walaupun tidak lama (menjabat sekretaris daerah), sebagai latar belakang saya dari keuangan yaitu ingin memperbaiki sistem pengelolaan keuangan yang ada di SKPD,” ujar Agar Jaya.

Dalam sejarah bagian keuangan di lingkup Pemkot Makassar, sesungguhnya dengan perubahan sistem layanan seperti yang ada sekarang ini, adalah buah karya Agar Jaya sejak 8 tahun lalu. Dulu, sebelum Agar menjabat Kabag Keuangan Pemkot Makassar, manajemen di Bagian Keuangan sungguh amburadul. Bahkan banyak mendapat komplain dari masyarakat karena banyaknya berkas yang hilang. Belum lagi compang-campingnya pelayanan yang selalu diganggu oleh ulah pungli dari para pegawainya. Kalau para pegawai di Bagian Keuangan tidak dikasi uang, maka tunggu berkas akan lenyap. Padahal pada berkas itu ada disposisi Walikota.

Ketika Agar Jaya dipercaya jadi Kabag Keuangan di zaman Walikota HB Amiruddin Maula, ternyata manajemen bagian keuangan kontan berubah. Tidak ada lagi pungli yang terang-terangan. Tidak ada lagi berkas yang hilang. Semuanya berjalan lancar, dan protes masyarakat nyaris sudah tak ada. Agar dalam menjalankan tugasnya sebagai Kabag Keuangan, sangat sensitif bila menerima informasi atas kinerja bawahannya. Semua informasi yang masuk dia langsung tindaklanjuti dengan nyata dan dengan keputusan yang bijaksana.
Karena itulah rupanya Agar Jaya dipertahankan tetap menjabat Kabag Keuangan hingga pada periode kedua Walikota Ilham Arief Sirajuddin. Dan kemudian Ilham memberi kepercayaan pada Agar Jaya sebagai Asisten Bidang Asset, lalu digeser jadi Asisten I sekaligus jadi Plt Sekkot Makassar, dan akhirnya dipastikan menjadi Sekkot defenitif setelah gubernur meneken SK pengangkatan Agar Jaya sebagai Sekkot Makassar (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya