HTTP Status[404] Errno [0]

Ilham Ajak Fakir Miskin di Mekah Buka Puasa Bersama

01 August 2012 05:01
Ilham Ajak Fakir Miskin di Mekah Buka Puasa Bersama
Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin (tengah) bersama istrinya Aliyah Mustika dan rombongan berfoto bersama usai tawaf di Masjidilharam, Mekkah.

Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin (tengah) bersama istrinya Aliyah Mustika dan rombongan berfoto bersama usai tawaf di Masjidilharam, Mekkah.

ugisPos — Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin memanfaatkan bulan Ramadan dengan menunaikan ibadah umrah di Mekah. Di Tanah Suci, tak ada waktu yang dilewatkan tanpa ibadah.

Setiap saat, Ilham melaksanakan salat wajib dan salat sunnah di Masjidilharam. Ini pula yang dilakukan oleh jamaah dalam rombongan Ilham. “Pokoknya manfaatkan memang mi ibadah di Masjidil Haram selama bulan Ramadan. Umrah di bulan Ramadan hampir sama pahalanya dengan ibadah haji,” tutur Ilham saat keluar dari Hotel Hilton menuju Masjidilharam, Mekkah, kemarin. Tak hanya tinggal di Masjidilharam untuk ibadah seperti tadarus dan memperbanyak salat-salat sunnah.

Setiba di Mekkah, Ilham menunaikan ibadah umrah tiga kali dalam waktu dua hari. Ilham mengakui umrah sebanyak tiga kali dalam dua hari berturut-turut itu baru dilakukan saat ini meski sebelumnya sudah beberapa kali melakukan ibadah umrah. Waktu tidurnya juga tidak normal karena ibadah. “Baru ini, sejarah buat saya umrah tiga kali dalam dua hari dan dua malam berturut-turut. Kadang sakit asam urat di dekat telapak kaki ku.Tapi tidak bisa juga dibiarkan. Harus dipakai jalan terus biar hilang sakitnya,” tutur Walikota Makassar ini.

Selama melaksanakan tawaf dan sa’i, memang dibutuhkan kekuatan fisik dan mental. Jika salah satu dari itu tidak menunjang, maka sulit menunaikan tawaf dan sa’i.Ilham didampingi istrinya Aliyah Mustika, ustaz Rahman Qoyyum, serta rombongan lain yang berjumlah 16 orang. Menjelang buka puasa, calon gubernur Sulsel ini mengajak puluhan fakir miskin dan anak yatim piatu berbuka bersama. Ilham juga melakukan tawaf usai salat subuh sebagai nazarnya. Ilham tawaf bersama istrinya dan rombongan dengan mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali.

Dalam nazarnya, Ilham meminta tetap menjadi pemimpin yang baik di jalan Allah. Dia juga memohon agar jalannya dipermudah dalam Pemilihan Gubernur Sulsel bersama calon wakilnya, Aziz Qahhar Mudzakkar. Ilham mengaku, tawaf nazar ini dilakukan sekaligus memohon ridho dan rahmat Allah atas cita-citanya menjadi pemimpin di Sulsel. “Segala sesuatu yang harus kita lakukan dalam kehidupan ini,harus memohon ridho dan rahmat dari Allah SWT. Insya Allah, niat dan doa yang baik akan diijabah oleh Allah SWT,”ujarnya.

Puasa Hingga 20 Jam

Dalam perjalanan menuju Mekkah,IlhamArief Sirajuddin bersama isterinya Aliyah Mustika menjalani ibadah puasa selama 20 jam, Sabtu (28/7/12). Keduanya menahan haus dan lapar selama berada di atas pesawat hingga tiba di Jeddah.Maklum, patokan buka puasa mereka mengikuti matahari terbenam.

Sementara waktu buka puasa di Kota Makassar dan Kota Jeddah selisih lima jam. Meski rombongan lain yang berjumlah 14 orang memilih buka puasa sesuai patokan waktu sahur, namun keduanya tetap meneruskan puasa hingga matahari terbenam. Ustad Rahman Qayyum yang menemani Ilham mengaku, tidak ada larangan apakah tetap menjalani puasadanberbukasesuaipatokan waktu sahur di daerah asal, atau berbuka puasa menyesuaikan waktu di kota tujuan.

“Biar mi saya lanjut. Nanti saya buka mengikuti waktu di Jeddah,”ujar Ilham sambil melihat cuaca di balik jendela pesawat yang masih terang. Ilham bersama rombongan bertolak dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sekitar pukul 06.30 Wita.Mereka transit di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta sekitar pukul 07.30 WIB,atau dua jam perjalanan. Seusai mengikuti manasik di Hotel Transit, terminal 2E bandara di Jakarta, rombongan terbang ke Jeddah sekitar pukul 11.30 WIB.

Cium Hajar Aswad

Tak semua orang bisa berkesempatan mencium Hajar Aswad. Apalagi harus berdesakdesakan dengan ratusan manusia yang tengah menjalankan tawaf. Memang butuh perjuangan keras dan keteguhan untuk bisa mencapainya. Hal itu pula yang dilakukan Ilham sehingga berhasil mendekat dan mencium Hajar Aswad. Ilham menerobos desakan- desakan manusia yang begitu banyak. Bahkan, beberapa kali terlempar dan ditarik oleh jamaah lain yang juga berebutan. Namun tekadnya tak pernah luntur.

Dia berhasil mencium Hajar Aswad dan keluar dengan senyuman yang bahagia.Keringat bercucuran dan membasahi baju gamis warna coklat yang dipakainya. Sementara Ustad Rahman Qayyum dan Saad Iranda Dollar yang menemani Ilham, gagal menembusnya. “Luar biasa padat dan desakdesakannya. Saya lihat ada yang mundur. Tapi saya sudah niat harus mencium Hajar Aswad hingga berhasil.Makanya saya tidak mundur,” tutur Ilham seperti dirilis Sindo (*)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya