HTTP Status[404] Errno [0]

Ke Depan, Limbah Tidak Boleh Lagi Ditampung di Rumah atau Industri

01 August 2012 12:47
Ke Depan, Limbah Tidak Boleh Lagi Ditampung di Rumah atau Industri
Mukhtar Tahir
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Mukhtar Tahir

BugisPos.com — Pemkot Makassar membawa gagasan air limbah pada World Cities Summit 2012 di Marina Bay Sands, Singapura, Minggu 1/7/2012 hingga Rabu (4/7/2012). Pada kesempatan ini, pemkot memaparkan gagasan saluran air limbah bakal terintegrasi. Integrasi saluran berdampak tidak tercemarnya tanah dan sumber air bersih dari kotoran dan zat kimia beracun.

Selama ini tiap rumah atau bangunan lain memiliki tempat pembuangan limbah dan industri memiliki instalasi pengolahan. Ini berdampak pada pencemaran tanah sebab banyaknya tempat pembuangan air limbah.

“Jadi, nanti di rumah tak ada lagi tempat penampungan atau pengolahan air limbah. Begitu pula pada industri. Seluruh pipa pembuangan akan terintegrasi dan tempat pembuangan serta instalasi pengolahan air limbah menyatu,” kata Penasihat Walikota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto di sela-sela acara Leaders in Urban Governance Programme di Rasa Sentosa Resort, Singapura, Sabtu 30/6/2012, melalui Kabag Humas Mukhtar Tahir. Dikatakan, hadir dalam acara ini Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, yang diundang khusus berbicara di depan walikota se dunia.

Arsitek tata kota ini mencontohkan sistim pembuangan air limbah di Singapura dan akan meniru sistim negara ini. Tempat pembuangan air limbah dan instalasi pengolahannya berada 40 kilometer dari pusat kota. Pemkot Makassar akan mencari tempat jauh dari pusat kota, semisal di wilayah perbatasan Kota Makassar dengan Kabupaten Maros.

Belum diketahui anggaran yang akan digunakan untuk proyek saluran pembuangan air limbah ini serta lembaga donor yang akan membiayai. Begitu pula dengan tempo proyek.

“Yang jelas, proyek ini akan dipaparkan di World Cities Summit, air limbah. Pada World Cities Summit sebelumnya, kami memaparkan waterfront city,” katanya.(una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya