HTTP Status[404] Errno [0]

Kinerja Mensos Mengecewakan

05 August 2012 06:39
Kinerja Mensos Mengecewakan
Gelandangan pengemis
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Angka kemiskinan di Indonesia terus meningkat. Peningkatan ini bisa terlihat ketika bulan Ramadan, banyak gelandangan atau pengemis yang berkeliaran di sejumlah masjid.
Komite Aksi Mahasiswa Pemuda untuk Reformasi dan Keadilan (Kamerad) menilai Menteri Sosial Salim Segaf al Jufri harus bertanggung jawab, karena kurang perhatian terhadap masyarakat miskin.

“Mensos harus bertanggung jawab, masih banyaknya masyarakat yang miskin. Saya nilai Mensos gagal,” kata Presedium Kamerad, Haris Pertama, saat berbuka puasa dengan anak yatim di Masjid Al Hidayah, Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu 4/8/12.

Padahal, kata Haris, di kementerian tersebut banyak LSM yang bernaung. Tapi, tidak jelas mana LSM yang mengabdi dan LSM yang hanya menerima uang dan tidak turun ke bawah. “Mana yang menyalurkan bantuan ke masyarakat mana yang tidak. Ini harus segera dievaluasi,” tegasnya.

Kamerad mengaku kecewa atas kinerja mensos yang dinilai lambat. Padahal, banyak pihak yang ingin turut membantu dengan memberikan perhatian kepada warga miskin. Mereka mencoba memohon bantuan dari Kementerian Sosial, tapi proses birokrasinya sangat berbelit.

“Prosesnya sangat ribet dan berbelit-belit,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Haris beserta teman-teman dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Jakarta, pemuda yang bergabung di KAMERAD, mengadakan baksos dan buka puasa bersama dengan kaum duafa dan anak-anak yatim.

“Kami berikan santunan kepada 120 anak yatim dan kaum duafa. Ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada orang-orang yang tidak mampu, dan sebagai bentuk nyata bahwa mahasisw bukan hanya demo. Kita ingin masyarakat memberikan stigma bahwa mahasiswa juga bisa membantu masyarakat,” tegasnya seperti dirilis MICOM.

Di samping itu, Haris menyatakan santunan ini juga didukung oleh teman-teman mahasiswa dari sejumlah kampus lain. Haris juga akan melakukan sahur on the rood dengan membagikan 1.300 paket nasi kepada umat Islam yang berada di jalan pada jam-jam sahur.

“Berangkat dari tugu proklamasi. Selain memberikan bantuan makanan, kami juga akan mengamati apakah Jakarta pada Ramadan sudah suci atau belum,” tandasnya (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya