HTTP Status[404] Errno [0]

Sawit Mamuju Laku Rp40 Miliar per Bulan

05 August 2012 06:33
Sawit Mamuju Laku Rp40 Miliar per Bulan
Kelapa Sawit

BugisPos — Petani sawit di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menjual hasil sawitnya kepada perusahaan sawit mencapai Rp40 miliar setiap bulan.
Comunity Develovment PT Surya Raya Lestari (SRL) II, Asep Eka Kurniawan, di Mamuju, Jumat 3/8/12, mengatakan, perusahaan Astra Agro Lestari Tbk, yang merupakan perusahaan sawit terbesar di Sulbar memiliki dua anak perusahaan beroperasi di Mamuju dan Mamuju Utara yang membeli sawit petani untuk diekspor.

Ia mengatakan, dua anak perusahaan PT AAL yakni PT SRL I dan II yang beroperasi di Kabupaten Mamuju dan Mamuju Utara mampu menghabiskan anggaran perusahaannya mencapai Rp40 miliar setiap bulan, untuk membeli sawit petani.

Oleh karena itu ia mengataka, petani sawit di Mamuju dan Mamuju Utara mampu menjual hasil sawitnya kepada dua anak perusahaan PT AAL mencapai Rp40 miliar perbulan.

“Dua anak perusahaan PT Astra yang memiliki luas lahan perkebunan sawit sekitar 11.000 hektare itu, setiap bulan mengeluarkan anggaran Rp40 miliar untuk membeli sawit petani itu artinya petani di Matra dan Mamuju Utara yang jumlahnya mencapai 4000 KK mampu menjual sawitnya kepada PT SRL I dan II untuk ekspor, dan menerima pendapatan mencapai Rp40 miliar per bulan,” katanya seperti dirilis Antara News.

Ia mengatakan, dengan pembelian sawit yang dilakukan anak perusahaan PT Astra Agro Lestari itumembuat petani di Kabupaten Mamuju dan Mamuju Utara telah dapat meningkatkan kesejahteraannya.

“Karena pembelian sawit perusahaan, membuat petani sawit di Mamuju dan Mamuju Utara pendapatannya mulai menjanjikan karena para petani mampu menghasilkan pendapatan rata-rata Rp3 juta sampai Rp6 juta per bulan,” katanya.

Menurut dia, perusahaan sawit PT SRL I dan II di Mamuju dan Mamuju Utara telah mengembangkan pertanian sawit sejak tahun 2006, perusahaan itu mengembangkan sawit dalam bentuk program perkebunan plasma milik perusahaan, dan sistem perkebunan inti rakyat atau perkebunan sawit yang dikuasai masyarakat (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya