HTTP Status[404] Errno [0]

UNM Kembangkan Sembilan Program Prioritas

05 August 2012 17:17
UNM Kembangkan Sembilan Program Prioritas

BugisPos — Rapat Senat Luar Biasa Universitas Negeri Makassar dalam rangka Dies Natalis yang ke-51 mengembangkan sembilan program prioritas yang merupakan realisasi dari visi UNM.
“Melalui wawasan kependidikan dan kewirausahaan, UNM berupaya untuk mengembangkan generasi yang beriman, berakhlak mulia, mandiri, menguasai Iptek, berpikir produktif, memiliki etos kerja, berdisiplin, cerdas dan berwawasan kemasyarakatan dalam memanfaatkan peluang,” ujar Rektor UNM Prof Dr Arismunandar, MPd di Makassar, Rabu 2/8/12

Ia mengatakan, kesembilan program prioritas tersebut merupakan realisasi dari visi UNM, yakni UNM Sebagai Pusat Pendidikan, Pengembangan Pendidikan, Sains, tekonologi dan Seni yang Berwawasan Kependidikan dan Berwirausahaan yang Unggul untuk Menghasilkan Lulusan Profesional.

Sembilan program prioritas yang dimaksudkan adalah pengembangn program studi, pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, pengembangan Information, Communication and Technology (ICT).

Pengembangan dosen dan tenaga kependidikan, pengembangan kemahasiswaan, peningkatan sarana dan prasarana kampus, pengembangan kewirausahaan.

Pengembangan profesionalisme guru berkelanjutan dan pengembangan kapasitas kelembagaan.

Dijelaskannya, sampai pertengahan 2012, UNM telah mampu menambah jumlah program studi yang beberapa diantaranya merupakan penugasan dari Direktur Jenderal Perguruan Tinggi seperti Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah pada Fakultas bahasa dan Sastra (FBS).

Arismunandar mengatakan, sebagai cerminan kinerja UNM yang menggambarkan mutu, efisiensi, serta relevansi program studi, pada tahun ini UNM telah berhasil memperoleh akreditasi B dari BAN PT.

Kepercayaan masyarakat akan kualitas UNM dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, yang dibuktikan dengan jumlah peminat yang juga terus mengalami peningkatan.

“Tahun ini peminat melalui SNMPTN jalur tulis sebanyak 42.839 orang, jalur undangan 12.074 orang dan peminat jalur mandiri sebanyak 8.273 orang,” katanya seperti dirilis Antara.

Menurutnya, dlam hal pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, jumlah penelitian hibah bersaing tahun ini mencapai 35 judul.

Selain itu, UNM juga mendapat kepercayaan untuk melakukan penelitian pemetaan dan pengembangan mutu pendidikan (PPMP) di Sulsel sebanyak 14 judul.

Sedangkan untuk penelitian berbasis institusi tahun ini mencapai 242 judul dari angka 212 judul pada tahun sebelumnya.

“Untuk peserta KKN-PPl terpadu pada tahun 2011 diikuti oleh 682 mahasiswa dan pada 2012 meningkat drastis menjadi 1.618 mahasiswa,” ungkap guru besar ilmu Manajemen Pendidikan ini.

Di bidang ICT peningkatan kapasitas bandwidth dari 20 Megabits per second menjadi 50 Mbps. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi kerja dan pemenuhan informasi melalui internet.

Untuk pengembangan tenaga akademik UNM akan mengacu pada pola perencanaan dan pengembangan dosen dan tenaga kependidikan berbasis singkronisasi antara jabatan fungsional dengan kualifikasi tenaga kependidikan berdasarkan kompetensi dan kinerja.

“Dalam hal prestasi kemahasiswaan beberapa prestasi membanggakan telah kita raih baik tingkat regional, nasional maupun internasional. Tahun ini juga tercatat 3.115 mahasiswa penerima beasiswa dari berbagai sumber,” ucapnya (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya