HTTP Status[404] Errno [0]

24.000 Guru Sulbar Bersertifikasi

07 August 2012 01:50
24.000 Guru Sulbar Bersertifikasi
Guru yang sedang mengajar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Guru yang sedang mengajar

BugisPos — Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh mengatakan sekitar 24.000 guru yang ada di provinsi ini telah bersertifikasi.
“Jumlah guru yang sudah bersertifikasi di Sulbar baru sekitar 24.000 atau 42 persen dari total jumlah guru yang ada,” katanya di Mamuju, Senin 6/8/12

Ia mengatakan, jumlah guru yang sudah bersertifikasi di Sulbar dianggap masih sedikit bila dibandingkan kebutuhan daerah untuk memaksimalkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

Menurut dia, salah satu kendala yang dihadapi Sulbar dalam meningkatkan kualitas pendidikan antara lain kurangnya tenaga guru yang memiliki kompetensi serta keahlian.

“Seharusnya seluruh guru di Sulbar bersertifikasi agar tenaga pendidik Sulbar dapat meningkatkan pelayanan pendidikannya kepada masyarakat, hanya dengan begitu pendidikan yang tertinggal jauh di daerah ini dapat meningkat,” katanya.

Oleh karena itu, Gubernur Sulbar berharap seluruh guru di daerah ini diberikan kesempatan mengikuti uji kompetensi sebagai proses awal mendapatkan sertifikasi dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

“Pemerintah di daerah ini berharap hingga 2015 sudah lebih 50 persen dari total guru yang belum bersertifikasi di Sulbar dapat mengikuti uji kompetensi agar memperoleh sertifikat,” katanya seperti dirilis Antara

Gubernur mengatakan, Sulbar selama ini tertinggal dari segi pelayanan pendidikan di antara provinsi lainnya di Indonesia, salah satunya karena tenaga pendidik belum memiliki kompetensi profesionalisme yang memadai.

Di samping itu, kata dia, karena terbatasnya sarana pendidikan, seperti sekolah dan sarana pendukung lainnya.

Oleh karena itu, Pemprov Sulbar akan berupaya memfokuskan program peningkatan mutu pendidikan dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan dengan meningkatkan mutu tenaga guru melalui uji kompetensi agar guru.

“Dua tahun periode kepemimpinan saya di Sulbar akan tetap memfokuskan peningkatan pendidikan agar daerah yang tertinggal dan terisolasi sebelumnya ini dapat mengembangkan sumber daya manusianya,” katanya (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya