HTTP Status[404] Errno [0]

Geliat Mapala Universitas 45

08 August 2012 04:00
Geliat Mapala Universitas 45
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Sebagai wadah mahasiswa pecinta alam di Universitas 45 Makassar, Mapala 45 masih tetap eksis sampai sekarang. Sejak dibentuk pada tanggal 21 Juni 1990, komunitas ini selalu punya seabrek kegiatan dan peran besar di kampus.
Sesuai dengan struktur organisasi, Mapala 45 dinaungi oleh universitas dan dibina oleh Prof Dr Abd Rahman SH, MH, Ir Muh Natsir, M.Si, Jalil Ismail, SE dan Fanda Parawoung, SH serta Munzil.

Saat ditemui di kampusnya, Kamis 31 siang, seperti dirilis Fajar, Ketua Mapala 45 Ibrahim Husni, menjelaskan beberapa hal terkait eksistensi Mapala 45. Ibrahim menuturkan, ada empat divisi yang menjadi spesifikasi kepencintalaman Mapala 45 yaitu Hutan Gunung, Panjat Tebing, Susur Gua dan Arung Jeram.

Ibrahim serta pengurus organisasi periode 2011-2012 telah mencanangkan beberapa program kerja atau juga lazim disebut program umum di Mapala 45. Program umum merupakan rencana dari kegiatan pembinaan yang dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu sebagai sarana untuk mencapai tujuan Mapala dan sebagai tolak ukur dalam mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan dan pembinaan.

Program umum dalam kepengurusan Ibrahim yakni pokok-pokok program di segala bidang yang ditetapkan berdasarkan hasil rumusan Musyawarah Besar Mapala tersebut tahun 2011, yang disesuaikan dengan kondisi, kebutuhan dan memperhatikan terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat, keberhasilan pembangunan serta potensi yang dimiliki organisasi.

Secara garis besar, beber Ibrahim, program umum meliputi pembinaan organisasi, penataan administrasi, pendidikan, pelatihan, penyuluhan, pelestarian hutan, penelitian, serta sosial ekonomi. Selain program umum, Mapala 45 juga melaksanakan berbagai kegiatan internal dan eksternal.    Seperti Operasi Bersih Gunung Lompobattang di tahun 1997, Ekspedisi Arung Jeram di Sungai Saddang, Kabupaten Tana Toraja tahun 1994. Ada juga kegiatan eksternal yang efektif menjalin silaturrahmi antar mahasiswa seperti Temu Wicara dan Kenal Medan Tingkat Perguruan Tinggi Nasional 1998, Lomba Napak Tilas Harimau Indonesia I Tingkat Nasional.

Karena aksistensinya selama ini, Mapala 45 meraih banyak penghargaan. Sebut saja Piala Gubernur Juara I Lomba Lintas Wisata Alam Ompo-Lejja 2000 Soppeng, Juara Harapan I Lomba Susur DAM Bili-Bili 2000 (FKPA Gowa), Juara I Lomba Cross Country Wisata V 1996 dan masih banyak lagi (*)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya