HTTP Status[404] Errno [0]

Pantai Losari Jadi Standar Nasional

08 August 2012 02:50
Pantai Losari Jadi Standar Nasional
Pantai Losari
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Pantai Losari

BugisPos — Model reklamasi pantai losari dijadikan standar nasional untuk penanganan masalah abrasi pesisir pantai di Indonesia. Melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan republik Indonesia, seluruh daerah di Indonesia yang mengalami persoalan abrasi di wajibkan untuk membuat format seperti yang di lakukan oleh pemkot Makassar pada saat mereklamasi pantai losari.

“Abrasi pantai di kota Pekalongan sudah parah. Banyak warga kami yang hanyut dan menjadi korban akibat naiknya permukaan laut. Setelah kami konsultasi dengan kementerian kelautan, kami direkomendasikan untuk belajar di Makassar “ ujar HM Basyir Ahmad, Walikota Pekalongan kepada sejumlah wartawan usai bertemu dengan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirjuddin di kantor balaikota, Selasa 7/8 /12.

Menurut Basyir, salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan penanganan abrasi dari kementerian yakni harus memiliki konsep dengan prototype pengembangan yang menyerupai pantai losari. “Pak Menteri meminta kami bertemu dengan walikota Makassar termasuk dengan perencana pembangunan di kota ini. Kami akan meniru konsep Makassar untuk menghadapi permasalahan di Pekalongan“ lanjut Basyir.

Selama di makassar, basyir mengaku kagum dengan langkah taktis yang telah di lakukan Ilham. “ Pak Ilham memulai sesuatu yang sebenarnya terlihat sepele namun menghasilkan dampak yang luar biasa. Awalnya pemkot Makassar hanya mereklamasi pantai Losari, dan ini di respon swasta dengan investasi yang besar. Ini yang menjadikan makassar menjadi luar biasa “ lanjutnya.

Sementara itu, Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin saat dikonfirmasi, mengaku takjub menyusul dijadikannya reklamasi pantai losari sebagai standar prototype untuk penananganan abrasi di Indonesia. “Ini sesuatu yang membanggakan bagi seluruh warga kota Makassar. Proses pengembangan pantai losari tidak mudah. Begitu banyak resistensi kelompok masyarakat yang melakukan penolakan pada saat ide ini di gulirkan. Namun alhamdulillah ternyata ini menjadi rujukan untuk daerah lain di Indonesia “ ujar Ilham (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya