HTTP Status[404] Errno [0]

Elektabilitas JK Tetap Lebih Tinggi Dibanding Ical

09 August 2012 02:18
Elektabilitas JK Tetap Lebih Tinggi Dibanding Ical
JK - Ical

BugisPos — Tingkat elektabilitas mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla tetap lebih tinggi ketimbang Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau yang biasa disapa Ical.
Berdasarkan survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) periode Juli 2012, Jusuf Kalla mendapatkan tingkat elektabilitas 11,1%. Sedangkan Ical hanya 8,9%.

Hal itu dipaparkan peneliti CSIS Philips Vermonte di Jakarta, Rabu (8/8), seperti ditulis MICOM saat merilis hasil survei nasional periode Juli 2012 terkait parpol, calon presiden (capres), dan partai baru jelang Pemilu 2014.

Survei itu melibatkan 1.480 responden di 32 provinsi (selain Papua) pada 6-19 Juli. Tingkat margin error survei itu adalah +/- 2,55% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Philips mengakui, peningkatan elektabilitas partai berlambang pohon beringin itu tidak seiring dengan naiknya elektabilitas Ical. “Secara calon anggota legislatif (caleg), mungkin saja kaderisasi Partai Golkar bagus. Namun, tampaknya kehadiran JK sebagai figur negarawan untuk menjadi presiden akan membelah loyalitas kader Golkar itu sendiri. Walaupun belum ada partai yang mengusungnya,” papar Philips.

Philips menambahkan, sosok capres yang memiliki elektabilitas tertinggi adalah Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (14,5%) yang bersaing dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (14,4%).

Semetara nama lain seperti Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengalami kemerosotan, berbanding lurus dengan partai mereka. “Saat ini hampir semua partai bergantung pada figur atau tokoh. Sebagian besar sangat bergantung pada ketua umumnya. Naiknya elektabilitas Prabowo karena ada perbandingan dari keinginan masyarakat terhadap presiden saat ini,” jelasnya (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya