HTTP Status[404] Errno [0]

Silang Sengketa Soal UVRI Makassar

10 August 2012 02:07
Silang Sengketa Soal UVRI Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Pertiakain soal kepemilikian Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) kini terkuak, namun sepertinya masih akan panjang. Meskipun hal itu setelah Polrestabes Makassar menggelar perkara terkait laporan Abdul Waris Nur yang mengaku yayasannya berhak mengelola UVRI Makassar. Padahal badan hukum yang digunakan tergolong baru yaitu akta pendirian baru Nomor 214 tertanggal 29 November 2011. Sementara UVRI di bawah Yayasan Karya Dharma Makassar (YKDDM) telah ada sejak 1962 sesuai akta nomor 9 tanggal 4 Agustus 1962. Namun pihak keluarga Nur Tinri belum tentu juga mau mengalah.
Ketua YKDDM, Andi Oddang mengungkapkan hal itu saat jumpa pers di kantor pusat UVRI Makassar, Jl WR Supratman Selasa, 7 Agustus kemarin. Saat memberi keterangan, Oddang didampingi Rektor UVRI, Sukarno Husain, dan para pembantu rektor UVRI.

Oddang mengatakan Polrestabes dalam gelar perkaranya 23 Juli lalu membenarkan dokumen yang dimiliki YKDDM sebagai dokumen yang sah. Dengan begitu, Polrestabes mengeluarkan surat penghentian penyidikan (SP3) ke Rektor UVRI-YKDDM lantaran dokumen yang dimiliki sah dan lengkap.

“Saksi ahli dari Kementerian Hukum dan HAM, Dikti, dan Kopertis menyebutkan YKDDM berhak mengelola UVRI Makassar,” kata Oddang seperti dikutip Fajar.

Menurut Oddang, dalam keterangannya di polisi, Koordinator Kopertis Wilayah IX, Prof Basri Wello juga menegaskan bahwa yang berhak menerbitkan ijazah adalah perguruan tinggi yang memiliki izin penyelenggaraan dan melaporkan EPSBED ke Dikti melalui Kopertis serta dinaungi yayasan yang berbadan hukum.

“Dengan begitu, polemik soal kepemilikan UVRI sudah selesai. Kalau ada oknum di luar YKDDM mengaku memiliki UVRI, itu sah alias palsu,” katanya lagi.
Pihak YKDDM juga memikirkan untuk menertibkan aset UVRI yang ada di Antang dan Bawakaraeng. Oddang menegaskan, pihaknya tidak akan mengorbankan mahasiswa yang kuliah di dua lokasi tersebut.

Selasa kemarin, Ketua LVRI Sulsel, Andi Oddang juga melantik Sukarno Husein sebagai rektor UVRI yang baru. Pelantikan dihadiri sejumlah petinggi UVRI dan civitas akademika lainnya (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya