HTTP Status[404] Errno [0]

KPK Segera Periksa dan Tahan Djoko Susilo

22 August 2012 04:03
KPK Segera Periksa dan Tahan Djoko Susilo
Djoko Susilo
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera melakukan pemeriksaan Gubernur Akademi Kepolisian Inspektur Jenderal Djoko Susilo. Perwira tinggi Polri itu akan diperiksa terakit penyidikan korupsi dalam proyek simulator SIM tahun anggaran 2011.

“Akan diperiksa usai libur lebaran,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, Selasa (21/8/2012) seperti dirilis Tribunnews.com

Kendati itu, Johan belum dapat memastikan kapan tepatnya Djoko akan menjalani pemeriksaan.

Saat ditanya apakah mantan Kepala Korp Lalu Lintas Polri itu diperiksa dalam kapasitas sebagai tersangka atau saksi untuk tersangka lain.

Sebelumnya, KPK mengaku, hanya tinggal melengkapi barang bukti tambahan hasil penelusuran sendiri.

Sehingga diharapkan, verifikasi terhadap barang bukti kasus korupsi pengadaan simulator alat kemudi di Korlantas Polri tidak akan memakan waktu lama.

Dalam proyek senilai Rp198,6 miliar itu ditemukan kerugian negara sekitar Rp100 miliar. KPK telah menetapkan empat tersangka dalam kasus ini.

Mereka yakni Inspektur Jenderal Pol Djoko Susilo (eks Kakorlantas Polri), Brigadir Jenderal Pol Didik Purnomo (Waka Korlantas Polri nonaktif), Budi Susanto (Presiden Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi) dan Sukotjo Bambang (Direktur Utama PT Inovasi Teknologi Indonesia).

Sementara Bareskrim Mabes Polri telah menetapkan lima orang tersangka. Tiga di antaranya juga berstatus tersangka di KPK yakni Brigjen Didik, Budi Susanto, dan Sukotjo Bambang. Dua tersangka lain yakni Ajun Komisaris Besar Polisi Teddy Rismawan dan Kompol Legimo.

Djoko Akan Ditahan
KPK memastikan akan menahan tersangka kasus korupsi simulator SIM di Korlantas Polri, Irjen Pol Djoko Susilo. “Pada saatnya nanti akan ditahan,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto di kantornya, Selasa 7/8/12.
Bambang mengatakan, untuk saat ini, pihaknya belum segera menahan Djoko. KPK masih melakukan proses penyidikan dengan pemeriksaan saksi-saksi pada kasus ini. Untuk diketahui, KPK telah memeriksa tersangka lainnya, Sukotjo S Bambang di Bandung.
Mabes Polri telah menetapkan lima tersangka kasus dugaan korupsi simulator SIM di Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Namun, berbeda dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), nama Irjen Djoko Susilo tidak masuk dalam daftar tersangka simulator SIM versi Mabes Polri.
Kelima tersangka ini, yaitu Brigjen DP adalah Didik Purnomo yang saat ini menjabat Wakorlantas, AKBP TR adalah Teddy Rusmawan sebagai ketua pengadaan, Kompol Legino saat ini menjabat sebagai Bendahara Satuan Korlantas, dan pihak ketiga SB dan BS, yakni Sukotjo Bambang, serta Budi Santoso.
Sedangkan KPK juga tengah menangani kasus korupsi simulator untuk ujian SIM tahun anggaran 2011. Dalam proyek senilai Rp 196,8 miliar itu ditemukan kerugian negara sekitar Rp 100 miliar. KPK menduga kerugian negara itu disebabkan penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan Irjen Pol, Djoko Susilo selaku Kakorlantas Polri pada tahun 2011. KPK menetapkan Djoko sebagai tersangka bersama-sama dengan Brigjen Didik, Budi Susanto, dan Sukotjo Bambang (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya