HTTP Status[404] Errno [0]

WTP Bagi Pemda Bukan Jaminan Bebas Korupsi

25 August 2012 04:36
WTP Bagi Pemda Bukan Jaminan Bebas Korupsi
Ketua KPK, Abraham Samad.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Ketua KPK, Abraham Samad.

Bugis Pos — Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menyatakan, perolehan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) oleh sejumlah daerah kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia, buka jaminan tanpa korupsi.

Penegasan Abraham itu disampaikan saat berkunjung ke redaksi Fajar, malam tadi. Karenanya, Abraham meminta kepala daerah untuk tidak berbesar hati atas predikat WTP yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) setiap tahun.

“Kesan selama ini kan kalau daerah mendapat predikat WTP seakan-akan sudah bersih. Tidak ada tindak pidana korupsi di dalamnya, padahal tidak seperti itu. Bisa saja WTP itu didapat dengan cara tak wajar,” curiga Abraham.

Padahal, lanjut Abraham, WTP bukan jaminan di dalamnya tidak ada perbuatan pidana. Predikat WTP tidak akan menghalangi aparat hukum, seperti polisi, kejaksaan, atau KPK untuk masuk jika ada indikasi korupsi.

Abraham menjelaskan, modus korupsi dalam pengelolaan keuangan daerah bisa dalam banyak bentuk, seperti; penyuapan kepada wakil rakyat dalam pengajuan atau pertanggungjawaban APBD, mark-up anggaran, penyalahgunaan anggaran oleh kepala daerah, dan lainnya.

“Ini banyak terjadi di daerah,” ujarnya kepada Fajar.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya