HTTP Status[404] Errno [0]

Sulbar Peroleh DAK untuk Peningkatan Gizi

27 August 2012 05:01
Sulbar Peroleh DAK untuk Peningkatan Gizi
Provinsi Sulawesi Barat mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2012 sebesar Rp9,9 miliar untuk peningkatan gizi.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Provinsi Sulawesi Barat mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2012 sebesar Rp9,9 miliar untuk peningkatan gizi.

BugisPos — Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menerima dana alokasi khusus dari pemerintah pusat sebesar Rp9,9 miliar pada 2012 untuk peningkatan gizi dan kesehatan ibu.
Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar Indahwati Nursyamsi di Mamuju kepada ANTARA, Minggu, mengatakan, anggaran itu juga digunakan untuk memberikan pertolngan medis kepada ibu yang akan melahirkan karena selama ini sekitar 27 persen ibu melahirkan dari 1,2 juta penduduk Sulbar tidak mendapat pertolongan medis.

“Anggaran tersebut juga untuk digunakan melaksanakan program kesehatan dalam rangka memberikan pertolongan medis kepada ibu melahirkan yang sekitar 27 persen belum mendapatkannya karenaĂ‚ keterbatasan anggaran,” katanya.

Nursyamsi mengatakan, persentase ibu melahirkan yang mendapat pertolongan medis di Sulbar pada 2012 sebanyak 73 persen sudah lebih tinggi dibandingkan 2007 yang hanya sekitar 69 persen.

Ia mengatakan, tenaga medis yang terbatas di Sulbar juga merupakan salah satu penyebab sehingga ibu melahirkan tidak ditolong secara medis.

“Jumlah tenaga medis di Sulbar sangat terbatas karena hanya mampu melayani sekitar 50 persen penduduk Sulbar yang mencapai 1,2 juta jiwa, terbatasnya jumlah tenaga medis ini merupakan kendala yang dihadapi pemerintah memaksimalkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Menurut dia, diharapkan dengan anggaran tersebut angka kematian ibu melahirkan di Sulbar yang masih tinggi mencapai 185 dari setiap 100.000 penduduk Sulbar akibat kurangnya pertolongan medis bagi ibu melahirkan dapat ditekan.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya