HTTP Status[404] Errno [0]

Kejaksaan Periksa Kontraktor Korupsi Kemenag Sulsel

29 August 2012 03:19
Kejaksaan Periksa Kontraktor Korupsi Kemenag Sulsel
Kejaksaan memeriksa kontraktor AR selaku Direktur CV Bila Utara terkait dugaan korupsi pengadaan perlatan laboratorium di MI/MTs se-Sulsel.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Kejaksaan memeriksa kontraktor AR selaku Direktur CV Bila Utara terkait dugaan korupsi pengadaan perlatan laboratorium di MI/MTs se-Sulsel.

BugisPos — Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat memeriksa Direktur CV Bila Utara, AR tersangka dugaan korupsi pengadaan peralatan laboratorium di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasa Tsanawiyah (MTs) yang tersebar di 24 kabupaten dan kota di Sulsel.
“Dalam pemeriksaan itu, Direktur CV Bila Utara berinisial AR mengakui adanya dana Rp300 juta yang dinikmatinya dari total dana Rp1 miliar yang menjadi kerugian negara,” ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar Nur Alim Rachim kepada ANTARA di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, pemeriksaan lanjutan kepada AR dilakukan untuk melengkapi sejumlah berkas dan menelusuri dana yang diselewengkan dari proyek yang penganggarannya bersumber dari APBN tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di kejaksaan, dalam proses pemeriksaan tersangka, AR mengakui kesalahannya ikut menikmati dana proyek senilai Rp300 juta sehingga menimbulkan kerugian negara senilai Rp1 miliar lebih berdasarkan perhitungan audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel.

Meski tersangka mengakui uang proyek senilai ratusan juta rupiah dinikmatinya, namun Nur Alim enggan menjelaskan secara jelas penggunaan dana tersebut.

Alasannya, penyidik mengakui masih menelusuri apakah ada sebagian dana tersebut diberikan kepada pejabat atau mantan pejabat di Kantor Kemenag Sulsel.

“Secara teknis, hasil pemeriksaannya belum bisa kami sampaikan karena itu merupakan kewenangan penyidik untuk menelisik siapa tahu ada pejabat Kemenag Sulsel lainnya yang ikut terlibat menikmati dana korupsi itu,” katanya.

Sebelumnya, Direktur PT Milenia Perkara Tjipluk Sri Rejeki yang diperiksa sebagai tersangka beberapa waktu lalu, membeberkan sejumlah nama-nama mantan pejabat dan pejabat di Kementerian Dalam Negeri (Kemenag) Sulawesi Selatan yang diduga terlibat dalam kasus skandal suap pada kasus dugaan korupsi proyek danq blockgrant tersebut.

Selain mengungkap satu-persatu oknum pejabat dan mantan pejabat Kemenag Sulsel yang diduga menerima suap senilai Rp800 juta lebih, Tjipluk juga ikut menyerahkan data dan dokumen tambahan lainnya termasuk bukti transfer dana kerekening milik pejabat dan mantan pejabat Kemenag Sulsel.

“Namun untuk saat ini kami belum bisa mempublikasikan nama-nama yang disebut tersangka ikut menerima suap dalam proyek tersebut,” tegasnya.

Dalam kasus ini, bukan cuma AR yang ditetapkan menjadi tersangka tetapi dua lainnya yakni mantan Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Urais) Kemenag Sulsel Rafi Anci dan Tjipluk Sri Rejeki sudah terlebih dahulu ditetapkan. Rafi Anci sendiri bertindak sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) dalam proyek itu.

Berdasarkan data yang diperoleh di kejaksaan, kasus dana bantuan langsung itu mempunyai enam jenis pengadaan.

Keenam jenis pengadaan itu masing-masing adalah, bantuan peralatan laboratorium bahasa pada Madrasah Tsanawiyah (MTS) sebesar Rp1 miliar, bantuan peralatan laboratorium komputer sebesar Rp1,7 miliar untuk 17 madrasah tsanawiyah, bantuan peralatan laboratorium IPA sebesar Rp2,2 miliar untuk 23 madrasah tsanawiyah.

Bantuan lainnya berupa, pengadaan multimedia sebesar Rp500 juta untuk lima madrasah tsanawiyah, bantuan imbal swadaya sebesar Rp3,092 miliar untuk 34 madrasah tsanawiyah dan bantuan imbal swadaya sebesar Rp1,9 miliar untuk 18 madrasah ibtidaiyah (MI) yang tersebar di Sulsel.

“Jadi bentuk bantuan itu ada enam item dan setiap item itu mempunyai indikasi terjadinya penyalahgunaan. Makanya, ini yang akan menjadi fokus kami dalam mengusutnya,” ucapnya.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya