HTTP Status[404] Errno [0]

Pemkot Gelar Bintek Transparansi Informasi

29 August 2012 03:11
Pemkot Gelar Bintek Transparansi Informasi
Ilham Arif Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Ilham Arif Sirajuddin

BugisPos — Pemerintah Kota Makassar melalui Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) bagi pejabat pengelola informasi pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kegiatan Bintek dibuka secara resmi Walikota Ilham Arief Sirajuddin, Selasa 28/8/12 di ruang Pola Balaikota Makassar.

Menurut Ketua Panitia Kegiatan Bintek, yang juga Kabag Humas Mukhtar Tahir, kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang mengamanatkan keterbukaan tidak hanya pada hak atas informasi tetapi juga hak atas akses informasi.
“Saat ini setiap badan publik diwajibkan memberikan jaminan keterbukaan dalam pemberian informasi terkait kebijakan-kebijakan publik yang dilakukan. Hal ini perlu dijabarkan secara teknis ke seluruh SKPD pemerintahan, sehingga perlu ada penyatuan persepsi dari semua pihak. Hal ini menjadi dasar dari kegiatan bintek yang digelar” ujar Mukhtar.
Sementara Walikota Ilham Arief Sirajuddin menyatakan, penyediaan informasi publik merupakan wujud tanggung jawab moral dari pemerintah dalam menyajikan semua informasi tentang tata kelola pemerintahan yang transparan. “Seluruh akses informasi, kata Ilham, wajib dibuka oleh pemerintah untuk dapat diketahui oleh masyarakat. Hal ini juga dapat mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam tata kelola pemerintahan guna mewujudkan “good government”.
“Makassar sangat terbuka dan menyertakan pihak independen seperti NGO untuk berpartisipasi dalam tata kelola informasi ini. Namun tentu saja tidak semua informasi dapat disajukan, namun yang terkait tata kelola keuangan, kami termasuk dari sedikit Kabupaten/kota yang berani transparan bahkan selalu diaudit oleh pihak independen” ujar Ilham.
Bimbingan teknis yang akan berlangsung selama dua hari mulai 28 – 29 Agustus 2012 dilaksanakan Pemkot bekejasama Bagian kinerja USAID dan Jurnal Celebes, diikuti sebanyak 150 peserta perwakilan dari semua SKPD di Pemerintahan Kota Makassar dengan menghadirkan Fasilitator PPID dari Kinerja USAID Jakarta Henri Subagyo dan Komisioner KIP Sul-sel Mattewakkan sebagai pembicara (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya