HTTP Status[404] Errno [0]

DPP Larang DPW Ikut Deklarasi Sayang

30 August 2012 03:33
DPP Larang DPW Ikut Deklarasi Sayang
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — DPP PAN mengingatkan DPW PAN Sulsel tidak menggunakan rekomendasi calon gubernur untuk Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang), karena tidak sah dan belum menjadi keputusan resmi PAN.
Bahkan, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) dengan terang-terangan mengimbau Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Sulsel tidak ikut dalam deklarasi pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang) jilid II yang sempat mengemuka akan digelar 1 September mendatang.

Alasannya, partai berlambang matahari terbit tersebut sampai saat ini belum memberi dukungan resmi ke calon gubernur manapun di Sulsel. Penegasan ini disampaikan Ketua DPP PAN Bidang Komunikasi Politik, Bima Arya Sugiarto, kepada FAJAR, Selasa, 28 Agustus.

“Pada intinya, DPP PAN dalam posisi belum memberikan putusan akhir untuk arah dukungan PAN pada calon gubernur Sulsel. Kita masih tahap finalisasi dan pengkajian,” ujarnya.

Bima menegaskan, kalau ada yang mengatasnamakan partai, dan bukan DPP, hadir dalam deklarasi tersebut, maka itu tidak sah. Karena bukan kebijakan partai. “Kalau bukan berdasarkan kebijakan partai dan hadir di situ, maka itu bukan mewakili partai. Kandidat calon gubernur yang akan didukung PAN nantinya, deklarasinya akan dihadiri unsur pengurus inti DPP PAN,” jelas Bima.

Sebelumnya, Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi mengumumkan dukungan PAN Sulsel ke Syahrul ke media di kantin DPRD Sulsel. Kahfi memperlihatkan salinan rekomendasi yang dikirim via faksimil. Tidak lama berselang, Ketua Umum DPP PAN, Hatta Rajasa menelepon Kahfi. Tidak jelas apa instruksi Hatta, yang jelas, Kahfi kemudian menghubungi media agar hasil konferensi pers tersebut jangan dimediakan dulu.

Belakangan, Hatta mengklarifikasi dukungan tersebut. Melalui Koordinator Pemenangan Pemilu PAN wilayah Sulsel, Yuliani Paris, Hatta mengeluarkan bantahan seputar adanya dukungan PAN. Bantahan Hatta diperkuat keterangan Ketua DPP PAN Bidang Komunikasi Politik Bima Arya Sugiarto.

Menurut Bima, finalisasi dukungan PAN belum dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Di antaranya, DPP tidak ingin ada keretakan di tubuh partai, juga untuk menjaga soliditas kader partai di Sulawesi Selatan.
Terpisah, Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi cukup terganggu dengan pernyataan Korwil Sulawesi Bappilu DPP PAN, Andi Yuliani Paris terkait rekomendasi PAN yang belum sah ke Sayang.

Selasa, 28 Agustus, Kahfi dan sejumlah elite DPW PAN Sulsel terbang ke Jakarta. Namun keberangkaan Kahfi ke Jakarta ditepis sebagai upaya memperjelas dukungan PAN ke Sayang, menyusul komentar Yuliani. Kahfi mengaku akan menemui Hatta untuk mendapat kejelasan waktu dan kesediaan menghadiri deklarasi dan rakerwil DPW PAN. Dijadwalkan awal September atau sebelum pendaftaran cagub di KPU.

“Pak Kahfi ke Jakarta menemui Pak Hatta untuk meminta kesiapan dan waktu menghadiri deklarasi dukungan PAN, yang akan dirangkaikan dengan rakerwil DPW PAN Sulsel. Ini tidak terkait dengan pernyataan Ibu Yuliani,” kata Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Irfan AB.

Bagi Irfan, pernyataan Yuliani tidak mewakili DPP PAN. Hanya sikap pribadi Yuliani. “Saya tidak percaya Pak Hatta Rajasa mengatakan seperti itu kepada Yuliani,” tandas Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Irfan AB, Selasa, 28 Agustus.
Irfan menyayangkan sikap Yuliani yang masih menyoal dukungan PAN ke Sayang mengingat rekomendasi DPP sudah di tangan DPW PAN Sulsel. Padahal, rekomendasi itu akan diajukan ke KPU Sulsel saat proses pendaftaran Sayang.

DPW PAN Sulsel akan melakukan deklarasi khusus diarena Rakerwil DPW PAN Sulsel awal September mendatang. Jadwal rakerwil menunggu kesiapan Hatta. Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Usman Lonta menegaskan sama. Usman yang sedang di Jakarta menegaskan proses penjaringan cagub PAN Sulsel sudah sesuai mekanisme yang benar. “Jadi saya seperti Pak Kahfi, tidak perlu kita berpolemik karena sudah ada yang sudah dikeluarkan,” kata Usman.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya