HTTP Status[404] Errno [0]

Sopir Xenia Maut Divonis 15 Tahun Kurungan

30 August 2012 03:28
Sopir Xenia Maut Divonis 15 Tahun Kurungan
Afriyani yang sebelah kiri
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Afriyani yang sebelah kiri

BugisPos — Sopir Xenia Maut, Afriyani Susanti, divonis hukuman 15 tahun penjara. Vonis itu dibacakan Majelis Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat (Jakpus), Rabu (29/8/2012) siang.

Hakim Ketua, Antonius Widyanto menyatakan, terdakwa Afriyani tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan dakwaan ke satu, yaitu pasal 338 KUHP tentang pembunuhan. Tetapi, wanita yang pada sidang putusannya mengenakan rok jeans itu, terbukti bersalah melakukan dakwaan primer ke dua, yaitu pasal 311 ayat 4 dan 5 UU nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

”Yang mengakibatkan kecelakaan dan menyebabkan orang lain meninggal dunia dan menjatuhkan hukuman 15Â tahun dikurangi masa tahanan,” tegas Antonius saat membacakan putusan di ruang sidang MR Wirjono Prodjodikoro, PN Jakpus.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut Arfiryani dengan 20 tahun hukuman penjara. Putusan tersebut seperti pemberitaan yang dilansir dari REPUBLIKA, hal ini kemudian membuat pihak keluarga korban bereaksi keras. Mulyadi, keluarga salah satu korban, Arya, tidak menerima hasil keputusan sidang yang berlangsung panas tersebut.

”20 tahun, seumur hidup atau hukuman mati itu,” seru dia lantang, di ruang sidang MR Wirjono Prodjodikoro, PN Jakpus.

Sementara pengacara keluarga korban, Bernard Jungjungan Pasaribu, mernyatakan menghormati keputusan hakim. ”Saat ini kami tidak akan intervensi kejaksaan. Kami menghormati keputusan hakim sebagai putusan yang seadil-adilnya, walau keluarga korban pasti kecewa,” paparnya.

Bernard mengatakan, penghormatan terhadap putusan hakim dilakukan sebab hukuman 15 tahun itu ialah 2/3 dari yang diajukan. ”Kemungkinan yang akan ajukan banding itu penasehat hukum mereka (Afriyani),” ucap pengacara dari Buchari, Ujay, Firmansyah, dan Muhammad Akbar ini.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya