HTTP Status[404] Errno [0]

Wajar 12 Tahun Mencetak Siswa Siap Kerja

04 September 2012 15:36
Wajar 12 Tahun Mencetak Siswa Siap Kerja
Pemerintah berharap program pendiikan wajib belajar (wajar) 12 tahun, dapat mencetak siswa-siswi yang siap mengisi dunia kerja.

Pemerintah berharap program pendiikan wajib belajar (wajar) 12 tahun, dapat mencetak siswa-siswi yang siap mengisi dunia kerja.

BugisPos — Program wajib belajar (wajar) 12 tahun atau kerap disebut sebagai program Pendidikan Menengah Universal (PMU) ditargetkan dapat mencetak lulusan yang siap bekerja. Harapannya, agar lulusan wajar 12 tahun yang siap kerja itu bisa mengurangi angka pengangguran.
“Dengan adanya program wajar 12 tahun atau PMU ini, diharapkan dapat mempersiapkan para siswa dan lulusan yang memiliki skill untuk bekerja. Meskipun nantinya mereka akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi,” ungkap Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hamid Muhammad sebagaimana berita yang dirilis JPNN di Jakarta pekan ini.

Dijelaskannya, pemerintah memang tidak akan menunda-nunda penerapan program wajar 12 tahun. Menurutnya, program tersebut sudah menjadi tuntutan perkembangan pendidikan dunia sehingga Indonesia mampu mengejar ketertinggalan dari negara lainnya.

Hanya saja, lanjut Hamid, penerapan wajar 12 tahun iti masih dalam tahap rintisan karena masih menunggu proses revisi atas UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

“Di dalamnya hanya terdapat amanah pendidikan Wajar 9 tahun. Maka itu, harus direvisi terlebih dahulu, sehingga penerapan Wajar 12 tahun ini ke depannya akan semakin kuat. Saat ini kita rintis dulu sembari menunggu hasil revisi,” imbuhnya.(gafar)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya