HTTP Status[404] Errno [0]

Gerindra Siap Patuhi Putusan MK

08 September 2012 07:29
Gerindra Siap Patuhi Putusan MK
Prabowo Subianto
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Prabowo Subianto

BugisPos — Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan, partainya siap mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengharuskan seluruh partai politik (parpol) mengikuti verifikasi.
“Kami akan patuhi semua putusan MK yang keluar akhir bulan lalu itu,” ujar Prabowo di Jakarta, Jumat 7/9/12

Dia juga merasa yakin partainya mampu mengikuti keputusan MK tersebut. “Kami juga yakin KPU akan berlaku sama terhadap semua partai,” ujar dia seperti dikutip Antara

MK pada 29 Agustus lalu memutuskan semua parpol yang akan mengikuti pemilu, baik yang memiliki kursi di DPR maupun yang tidak, harus melakukan verifikasi yang setara dan adil karena parpol sifatnya berbadan hukum.

Menurut MK, tidak adil jika parpol yang telah lolos menjadi peserta Pemilu 2009 tidak perlu diverifikasi ulang untuk dapat mengikuti Pemilu 2014, sementara parpol yang tidak memenuhi “parliamentary threshold” (PT) harus mengikuti verifikasi dengan syarat yang lebih berat.

Selain itu, MK juga memutuskan tidak berlakunya PT 3,5 persen yang berlaku secara nasional sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pasal 8 Ayat (1) dan Ayat (2) serta Pasal 208.

MK menilai ambang batas atau PT sebesar 3,5 persen itu bertentangan dengan kedaulatan rakyat, hak politik, dan rasionalitas, sehingga bertentangan pula dengan tujuan pemilihan umum, yaitu memilih wakil rakyat mulai dari tingkat pusat hingga daerah (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya