HTTP Status[404] Errno [0]

5000 Pasukan Gabungan Siap Amankan Pendaftaran Pilgub Sulsel

09 September 2012 07:56
5000 Pasukan Gabungan Siap Amankan Pendaftaran Pilgub Sulsel
Pasukan pengamanan dari satuan TNI/Polri siap diturunkan dalam rangkaian mengamankan pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, 13-14 September 2012.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Pasukan pengamanan dari satuan TNI/Polri siap diturunkan dalam rangkaian mengamankan pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, 13-14 September 2012.

BugisPos — Pengamanan pendaftaran Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan di Komisi Pemilihan Umum pada 13-14 September melibatkan 4.000 hingga 5.000 pasukan dari Polri serta TNI AD.
“Kita fokus melakukan pengamanan untuk menghindari gesekan antar pendukung masing-masing saat pendaftaran. Total pasukan yang diterjunkan 4.000 sampai 5.000 pasukan,” papar Kapolrestabes Makassar Kombes Erwin Triwanto dalam sebuah pemberitaan yang dirilis dari ANTARA di Makassar.

Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan pengamanan eksta ketat untuk menghindari adanya gesakan yang mengarah ke hal-hal yang tidak diinginkan sesuai denga instruksi Kapolda Sulselbar Irjen Pol Mudji Waluyo.

“Untuk TNI AD sendiri berdasarkan informasi akan diturunkan 1.500 personil, dan menjaga disetiap titik-titik yang dinilai rawan. Sementara untuk bantuan pasukan, Kapolri mengirimkan satu batalyon Satuan Brimob Kelapa Dua Jakarta, dan tiba minus dua hari jelang pendaftaran,” bebernya.

Perwira menengah berpangkat tiga bunga ini mengaku, akan menempatkan tim khusus di sejumlah titik-titik sental perekonomian diantaranya jalan Pengayoman, Panakukang dan lainnya untuk menghindari adanya konfilk antar dua kubu saat pendaftaran nanti.

Selain itu, untuk pengaturan lalulintas baik di kantor KPU Sulsel jalan Andi Pangeran Pettarani, pihaknya akan melakukan rekayasa lalulintas yang bersifat Situasional. Bahkan beberapa personil akan mengawal massa masing-masing kandidat dari start menuju KPU, serta ditempatkan personil dititik-titik jalan untuk mengatur lalulintas.

Diketahui, dua pasangan Balon yakni Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang) dan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Kahar Mudzakkar (IA) hampir secara bersamaan mendaftar di KPU Sulsel. Pasangan Sayang mendaftar di KPU sekitar pukul 13:00 Wita dan berakhir pada pukul 13:50 Wita.

Sementara pasangan IA mendaftar pada pukul 14:00 Wita dan berakhir pukul 15:00 Wita. kedua balon terebut diperkirakan akan membawa massa ribuan untuk sekedar mendaftar sebagai calon peserta Pemilihan Gubernur pada 22 Januari 2013. Sementara pasangan lainnya, Rudianto Asapa-Andi Nawir (Garuda-Na) mendaftar pada Kamis pukul 13:00 Wita.

“Kami menghimbau agar masing masing kandidat menjaga massanya dan tidak ada gesekan. Sebab kita akan lakukan tindakan presuasif apabila menggangu stabilitas keamanan, karena polisi bertanggung jawab,” imbaunya

Ketua KPU Sulsel Jayadi Nas mengaku, pihaknya akan tetap konsiten pada waktu dan tidak akan memberikan toleransi kepada kandidat yang mendaftar. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan gesekan antar kubu masing-masing balon ditaksir ribuan akan memadati KPU Sulsel.

“Kami tetap pada kesepakatan dan tidak ada toleransi keterlambatan. Masing-masing tim sudah sepakat menentukan tanggal pendaftaran. Kami menghimbau agar tim dan massanya tetap berada pada jalur yang sudah ditetapkan dan tidak ada gesekan,” tambahnya.(gafar)

Â

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya