HTTP Status[404] Errno [0]

Ratusan Warga PNG Ingin Kembali ke NKRI

09 September 2012 07:39
Ratusan Warga PNG Ingin Kembali ke NKRI
Ratusan warga negara PNG berniat kembali ke pangkuan ibu pertiwi, NKRI.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Ratusan warga negara PNG berniat kembali ke pangkuan ibu pertiwi, NKRI.

BugisPos — Ratusan warga negara Papua New Guinea (PNG) yang tinggal di perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tepatnya di Kampung Ninapi, Kabupaten Boven Digoel merasa terharu dan ingin kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

Danyon Satgas Pamtas Yonif 121/Macan Kumbang, Letkol (Inf) Ayub Akbar sebagaimana yang dikutip dari media Papua Pos beberapa waktu lalu mengungkapkan, sekitar 300-an warga PNG terharu melihat keakraban penuh hubungan emosional antara prajurit yang bertugas di daerah perbatasan NKRI-PNG dengan warga sekitar.

“Ya, sepertinya mereka tidak percaya tatkala para prajurit sangat dekat dengan warga. Tetapi, itulah kenyataan yang sebenarnya,” ungkap Danyon Letkol (Inf) Ayub Akbar.

Mereka sangat terharu tatkala melihat dari dekat bagaimana hubungan kekeluargaan yang dibangun antara aparat keamanan, pemerintah bersama dengan masyarakat setempat. Selama ini, terlintas dalam benak dan pikiran mereka jika aparat itu terkesan arogan dan kasar.

Padahal, semunya tidak seperti demikian yang terjadi di lapangan. Sehingga sebagian besar berniat akan kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Disinggung apakah ada niat dari ratusan warga PNG kembali ke pangkuan NKRI, Danyon mengungkapkan, untuk kearah sana sudah bisa dapat dipastikan. Tetapi bahwa, bukan karena paksaan atau desakan baik dari pemerintah maupun prajurit yang bertugas di daerah perbatasan. Tetapi karena atas inisiatif dan niat mereka sendiri.

“Memang ada rencana untuk mereka pulang ke pangkuan NKRI, namun semua itu tergantung dari keinginan sendiri. Intinya, kita tidak pernah memaksa. Tetapi karena mereka melihat secara langsung jika hubungan kekeluargaan antara warga setempat dengan pemerintah maupun aparat keamanan sangat kental,” tandas Danyon.

Para warga PNG, lanjut Danyon, mengaku jika selama mereka berada di sana, pelayanan dalam bidang kesehatan, hampir tidak diperhatikan dengan baik. Dengan keluhan yang disampaikan, maka kegiatan pengobatan dilakukan dan mereka sangat berterimakasih karena mendapatkan perhatian yang begitu besar.

“Kami akan bangun komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boven Digoel sehingga ke depan, kegiatan pelayanan kesehatan bisa dilakukan secara rutin,” tandasnya.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya