HTTP Status[404] Errno [0]

Aroma Mistik di Pertambakan Maros

10 September 2012 00:57
Aroma Mistik di Pertambakan Maros
Areal pertambakan di Maros, yang penuh dengan aroma mistik (foto : jabbar)
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Areal pertambakan di Maros, yang penuh dengan aroma mistik (foto : jabbar)

BugisPos — Dusun Bawalangiri, Desa Mattirotasi, Kabupaten Maros, adalah salah satu daerah yang areal tambaknya cukup luas, dimana masyarakatnya sebahagian besar hidup sebagai petani tambak, terutama yang bermukim di daerah pesisir. Di daerah tersebut oleh Pemkab Maros didirikan Pusat Pengembangan Budidaya Ikan Bandeng dan Udang, yang dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat setempat. Selain itu, areal ini juga dijadikan lokasi pengembangan, pengkajian dan praktek lapangan bagi mahasiswa jurusan perikanan. Usaha pertambakan milik Bosowa Group juga terdapat di dusun ini.

Nah, di areal pertambakan inilah ternyata, tersimpan sejumlah cerita mistik yang bikin merinding bulu kuduk. Sejumlah peristiwa gaib  seringkali dialami oleh masyarakat setempat, terlebih pada malam hari, keanehan-keanehan senantiasa muncul. Bahkan pada siang hari pun, di areal ini aroma mistik senantiasa berhembus.

Keterangan yang dihimpun BugisPos mengungkapkan, bahwa warga setempat punya segudang pengalaman dunia mistik. Â Pada waktu-waktu tertentu penghuni gaib di tempat itu menampakkan diri dengan berbagai bentuk yang menyeramkan. Â Ada warga yang kendaraannya tiba-tiba rusak tanpa diketahui penyebabnya. Ada yang mengayuh sepeda dengan perasaan sudah sampai di tempat tujuan, tapi ternyata dia masih berada di lokasi tersebut, dan tidak kemana-mana, lalu kaget dan jatuh sakit. Dan tidak sedikit warga yang meninggal dunia akibat gangguan mahluk gaib di dusun itu.

Nurdin, seorang warga setempat yang berprofesi sebagai kontraktor, beberapa waktu lalu memenangkan tender proyek perluasan saluran irigasi, yang mengairi areal tambak masyarakat di dusun tersebut. Nurdin menyewa alat berat jenis escapator dari seorang pengusaha alat berat di Makassar, yang kemudian dioperasikan di areal tersebut.

Setelah segala persiapan telah beres, pekerjan penggalian dan perluasan pengairan pun dimulai. Hari pertama sampai hari tiga pekerjaan berjalan lancar tanpa kendala. Tapi pada hari ke empat pekerjaan macet total, karena alat berat mengalami kerusakan, sehingga tidak dapat dioperasikan. Demikian pula operator alat berat tersebut, dia jatuh sakit.

Frans, pemilik alat berat datang ke lokasi bersama mekanik dan operator, guna mengecek kerusakan pada alat berat tersebut. Keanehan yg terjadi di lokasi menjadi tontonan warga setempat. Sudah dua hari alat berat itu dan tidak dapat dioperasikan, tapi tiba-tiba bunyi sendiri. Sedangkan pintunya terkunci dari dalam. Setelah mesinberusaha dimatikan, lalu dihidupkan kembali, terjadi ledakan keras. Dan akhirnya mobil rusak parah.

Setelah mengalami perbaikan dan mengganti peralatan yang rusak, tetap saja alat itu tidak dapat dioperasikan. Frans yang menyaksikan kejadian ini, menyarangkan kepada Nurdin, agar mencari orang pintar, untuk dimintai bantuannya agar kejadian masalah tersebut bias diatasi.

Menuru seorang tokoh masyarakat setempat, keruskan itu terjadi, sebab ketika memulai pekerjaan tidak diadakan upacara ritual, yakni membuat sesajian mohon izin kepada penguasa alam gaib setempat. Kejadian ini pernah juga dialami salah satu perusahaan yang mengerjakan proyek penggalian parit dengan menggunakan alat berat jenis escapator, yang akhirnya ternggelam tidak bisa bergerak. Atas saran tokoh spiritual setempat agar mengadakan persembahan dengan cara memotong dua ekor kambing di lokasi, barulah pekerjaan bisa berjalan dengan aman.

Nurdin ternyata tadak sependapat. Dia pilih minta bantuan sahabatnya, Asbar dari Gowa, yang diyakini punya kemampuan spiritual, yang bisa menolongnya tanpa menggunakan persembahan. Asbar pun datang ke lokasi tambak pada suatu malam Ju’mat, untuk mencari tahu apa sesungguhnya yang terjadi. Asbar memilih tempat tidak jauh dari lokasi tambak kemudian melakukan shalat taubat, lalu shalat hajat dan bertafakkur, kemudian dia memasuki dimensi gaib di lokasi tersebut. Dan dimensi gaib di lokasi itupun terbuka dalam penglihatan Asbar.

Dalam semedi Asbar, tiba-tiba dia melihat datang pasukan bala tentara yg jumlahnya cukup banyak, lengkap dengan persenjataan perang yang langsung menyerang Asbar.  Tapi Asbar selamat dari serangan tersebut, lalu terjadi dialog  antara pimpinan operasi dengan Asbar. Kata Asbar ; “Mari kita bicarakan dengan cara baik-baik, jangan terburuh nafsu”. Tidak ada musyawarah, bentak pimpinan operasi, dan memerintahkan penyerangan kembali kepada pasukannya. Kali ini, senjata mereka ternyata tidak dapat difungsikan. Melihat kejadian tersebut, komandannya marah dan memerintahkan menggunakan sangkur untuk menyerang. Kali berikutnya mereka semua roboh tanpa sebab membuat komandan operasi mengurungkan niatnya dan bertanya ”Siapa anda sebenarnya ?” Asbar lalu memperlihatkan identitas dirinya, serentak semua berdiri dan memberi penghormatan. Mereka pasukan  jin tersebut berkata ; “Kami semua memohon maaf atas kejadian ini.” Asbar bertanya ; “Mengapa Anda mengganggu para pekerja di tempat ini?” Pimpinan operasi menjawab, “Mereka telah merusak areal pemukiman kami yang sekian lama kami huni” kata Asbar “Mereka tidak bermaksud merusak tapi bahkan memperbaiki, agar pengairan bisa berjalan lancar dan nantinya dinikmati oleh masyarakat banyak” Setelah mengerti, merekapun meninggalkan lokasi.

Identitas apa yang diperlihatkan Asbar kepada mahluk halus itu ? Rupanya, Asbar dalam dunia gaib punya pangkat jenderal, sesuai ilmu penunduk gaib yang dia miliki. Sementara komandan pasukan jin itu tadi, cuma berpangkat kolonel. Kira-kira demikian.

Keesokan harinya, pekerjaan dilanjutkan, alat berat ternyata tanpa diperbaiki sudah bisa dioperasikan, Hasanuddin, si operator, sembuh tanpa diobati, dan pekerjaaan kembali normal (jabbar)Â

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya