HTTP Status[404] Errno [0]

Bank Dunia Merevitalisasi Sungai Tallo

11 September 2012 22:31
Bank Dunia Merevitalisasi Sungai Tallo
Bantaran Sungai Tallo
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Bantaran Sungai Tallo

BugisPos — Pemerintah kota Makassar bekerjasama dengan Bank Dunia akan segera merevitalisasi sungai tallo sebagai kawasan transportasi air, pariwisata serta penanggulangan banjir. Sungai Tallo yang membelah  kawasan utara kota Makassar dan bermuara di laut Makassar ini akan di sulap sebagai sarana transportasi alternatif.

“ jadi konsepnya akan mengikuti model transportasi yang dikembangkan oleh sejumlah kota maju di dunia seperti kota Venesia di Italia, Amsterdam Belanda,dan juga kota Florida di  Amerika Serikat “ ujar Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin saat dimintai keterangan usai melakukan pertemuan dengan delegasi Bank Dunia di kantor Walikota Makassar, Selasa 11/9/12.

Dalam pertemuan ini, delegasi bank Dunia diwakili oleh Taimur Samad, Senior Urban Specialist The World Bank, Arief Mulya Ramadhian, Perwakilan Bank Dunia Indonesia, serta petinggi Bank Dunia  lainnya. Sementara itu, Ilham di dampingi oleh Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Kota Makassar, Masri Tiro,  Kadis Pariwisata, Rusmayani Majid, serta Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan, Alimuddin Tarawe.

Ilham berharap, pengembangan sungai Tallo akan berpengaruh positif terhadap penyelesaian masalah banjir di kota Makassar. “ Kami berharap pengembangan Sungai Tallo akan semakin menggairahkan ekonomi masyarakat kita “ ujar Ilham.

Taimur Samad saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan mengatakan bahwa Makassar menjadi satu dari lima kota metropolitan di Indonesia yang telah menjalin kerjasama erat dengan Bank Dunia. “ Kami telah berbicara dengan Walikota Makassar, dan beliau menginginkan kami mendanai pengembangan sungai Tallo sebagai kawasan transportasi air, pariwisata sekaligus membangun proyek penanggulangan banjir “ ujar Taimur dalam bahasa Inggris.

Taimur meyakini, Revitalisasi Sungai Tallo memiliki dampak yang sangat positif bagi pergerakan ekonomi masyarakat, khususnya di kawasan utara kota. “ Semua ini merupakan ide dan usulan dari Pak Walikota. Bank Dunia hanya akan melakukan pendanaan. Kami sudah melakukan sejumlah proyek pengembangan sungai dibeberapa negara, seperti India dan Argentina, namun pasti setiap kota memiliki karakteristik yang berbeda “ lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Fisik dan Prasarana bappeda Kota Makassar, Masri tiro menjelaskan bahwa saat sementara proses pembuatan Term Of reference yang nantinya sebagai dasar pengusulan studi kelayakan untuk selanjutnya di buatkan rencana investasi. “ untuk tahap awal, proyek ini akan di mulai kawasan tamalanrea. Jadi masyarakat yang tinggal di kawasan Tamalanrea nantinya sudah bisa mengakses pantai Losari lewat jalur transportasi air di Sungai tallo “ ujar Masri.

Proyek revitalisasi ini merupakan tindak lanjut Wolrd Cities Summit 2011 di Singapura. Saat itu mengusung tema waterfont city. Selain itu, International Conference Eco 2 Cities di Yokohama, Jepang, Oktober , pemkot Makassar juga mengangkat isu pengembangan sungai Tallo di hadapan sejumlah lembaga pembiayaan dunia, termasuk bank Dunia (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya