HTTP Status[404] Errno [0]

Produk Pangan Sulut Diminati Pasar Eropa

11 September 2012 22:23
Produk Pangan Sulut Diminati Pasar Eropa
Permintaan produk pangan terutama tepung kelapa dari Provinsi Sulawesi utara diminati pasar Eropa.

Permintaan produk pangan terutama tepung kelapa dari Provinsi Sulawesi utara diminati pasar Eropa.

BugisPos — Komoditas unggulan Sulawesi utara (Sulut), terutama produk pangan diminati di sejumlah pasar Negara-negara Eropa. Ukuran tingginya permintaan produk pangan Sulut ditunjukkan dengan tingginya permintaan.

Salah satu produk pangan yang diminati pangsa pasar Eropa seperti yang dirilis ANTARA yakni tepung kelapa. Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Â mengekspor tepung kelapa ke empat negara pada awal September 2012 sebanyak 143 ton dengan nilai 174.469 dolar Amerika Serikat.

“Keempat negara pembeli tepung kelapa Sulut yakni Austria, Ukraina, Belanda dan Rusia,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan di Manado, Senin.

Dari keempat negara pembeli tersebut, kata Sanny ke Rusia dan Belanda masing-masing sebanyak 52 ton, sementara Ukraina 26 ton dan Austria sebanyak 13 ton.

Ekspor ke Rusia mendatangkan devisa sebanyak 66.569 dolar Amerika Serikat, sementara ke Belanda 52 ton mampu mendatangkan devisa sebesar 62.400 dolar AS.

Sementara ke Ukraina sebanyak 26 ton mampu mendatangkan devisa sebanyak 28.600 dolar AS, Austria 13 ton dengan devisa sebesar 16.900 dolar.

Realisasi keempat keempat negara Eropa tersebut pertanda dampak krisis keuangan yang melanda negara maju di kawasan itu tidak begitu berdampak pada Sulut.

“Semula ada kekhawatiran krisis keuangan yang melanda negara di kawasan dunia termasuk Eropa akan memberi dampak penurunan ekspor,” kata Sanny.(gafar)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya