HTTP Status[404] Errno [0]

Gunung Lokon Meletus

16 September 2012 14:36
Gunung Lokon Meletus
Gunung Lokon di Sulawesi Utara kembali meletus, ditandai dengan keluarnya lahar.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Gunung Lokon di Sulawesi Utara kembali meletus, ditandai dengan keluarnya lahar.

BugisPos –Â Sylvia Montolalu, seorang warga di Desa Kinilow, Kota Tomohon, Manado, menyataka kaca rumahnya sempat bergetar sangat keras saat Gunung Lokon memuntahkan lahar diikuti suara dentuman keras.
“Saya sangat takut tadi karena semua kaca bergoyang. Dan seperti biasa, setelah kami keluar rumah, (kami memperkirakan) Gunung Lokon pasti telah meletus,” kata Sylvia di Kinilow, Sabtu (15/9/2012) seperti yang dikutip dari Tempo.com.

Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Sabtu 15 September malam ini sekitar pukul 18.53 WITA kembali meletus dahsyat. Dalam letusan ini, lava pijar terlihat jelas terlontar dari kawah tompaluan Gunung Lokon. Apalagi letusan terjadi pada malam hari, dimana warna merah menyala terlihat jelas membumbung di angkasa. Lava pijar dimuntahkan Lokon hingga radius 600 meter ke udara.

Gunung Lokon berada di dekat Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Gunung ini memiliki ketinggian 1.580 m puncak Gunung Lokon berjarak sekitar 5.300 meter di sebelah barat laut dari Kota Tomohon dan sekitar 6.700 meter di sebelah barat daya dari Kota Kecamatan Pineleng. Dari Ibu Kota Provinsi Manado jaraknya hanya sekitar 20 kilometer di barat daya kota.

Gunung Lokon tercatat pernah meletus pada tahun 1951, 1991, 2001 dan 2011. pada letusan 2011, lebih dari 10.000 warga di beberapa desa, di antaranya Kinillow, Tinoor, dan Kakaskasen mengungsi ke Tomohon atau Manado.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya