JK Nilai IA – Sayang Sama Kuat

17 September 2012 10:37
JK Nilai IA – Sayang Sama Kuat

Mantan Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla (JK) menilai pasangan Ilham-Aziz (IA) dan Syahrul-Agus (Sayang) masih sama kuat.

BugisPos — Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menilai kekuatan pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang) dan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mudzakkar di Pemilihan Gubernur Sulsel berimbang.

Menurut JK,Sayang dan IA sama kuat dan sama-sama memiliki peluang yang besar untuk memenangi pertarungan. Bahkan, JK memprediksi salah satu dari pasangan ini hanya mampu meraih kemenangan tipis.

“Tetapi siapa pun pasangan yang terpilih nanti,pastilah pasangan yang terbaik. Kalau nantinya ada yang menang, dipastikan hanya menang tipis, karena kedua pasangan samasama kuat,” kata JK di sela-sela kunjungannya di proyek PLTU di Desa Punagaya,Kecamatan Bangkala,Jeneponto sebagaimana yang dikutip dari Seputar Indonesia, kemarin.

JK juga memprediksi pilgub yang digelar 22 Januari 2013 hanya berlangsung satu putaran. “Saya yakin Pilgub Sulsel hanya satu putaran saja, tidak akan ada dua putaran.Saya juga prediksi hanya akan ada dua calon yang lolos,” ujar mantan ketua umum DPP Partai Golkar ini.

JK menyebutkan, saat ini memang ada tiga bakal calon yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda Na), pasangan Sayang, dan IA.

Namun, dia menyatakan, salah satu dari tiga pasangan tersebut kemungkinan tidak lolos verifikasi di KPU Sulsel menyusul adanya dukungan ganda partai politik (parpol) yang mengusungnya. Apabila nantinya ada bakal calon yang tidak memenuhi syarat, dipastikan hanya dua pasangan calon yang akan akan bertarung.Dengan begitu,kata JK,untuk bisa menang,jumlah suara yang diperoleh pasangan calon harus di atas 50%.

JK yakin itu bisa dipenuhi salah satu dari dua pasangan calon yang akan bertarung nanti. Kendati JK tidak menyebut pasangan yang diprediksi tidak lolos verifikasi,namun itu mengarah kepada Garuda’Na. Diketahui,Garuda’Na mendaftarkan 19 partai politik, dan beberapa di antaranya diketahui melakukan dukungan ganda. Sebagian parpol pendukung garuda’Na juga mendukung IA.

Koordinator Media IA, Syamsu Rizal merespons positif penilaian JK tersebut. Hal tersebut dinilai memberi spirit tersendiri bagi timnya.Apalagi, hasil survei internalnya diklaim makin mendekati pasangan Sayang. Dia menilai ucapan JK itu mempunyai dasar apalagi dilontarkan di depan publik. “Memang hasil survei internal kami selisih Sayang dan IA memang semakin dekat,” klaim Syamsu Rizal.

Akhir pekan lalu,konsultan politik IA,Fox Indonesia,merilis hasil survei terbarunya yang dilakukan pada Agustus-September 2012.Hasilnya,elektabilitas atau tingkat keterpilihan Sayang dan IA mulai berdekatan. CEO Fox Indonesia, Choel Mallarangeng,menyebutkan, Sayang berada di posisi pertama, dengan persentase 48%,sedangkan IA 35%. Konsultan politik yang berafiliasi ke IA ini mengklaim selisih suara Sayang dan IA tinggal 13%.

Munculnya klaim kubu lawannya tersebut,konsultan politik yang juga lembaga survei pasangan Sayang, Jaringan Suara Indonesia (JSI),memilih tidak menanggapi.Alasannya, mereka memiliki data hasil survei tersendiri.

“Kami juga punya survei terbaru, tapi bukan untuk kami publikasikan sekarang,” ujar Manajer Strategi Pemenangan JSI, Irfan Jaya yang dikonfirmasi terpisah.

Survei terbaru yang dilansir Fox,juga mengundang pertanyaan dari beberapa konsultan politik Syahrul- Agus lainnya.Seperti Lensa Indonesia,yang mempertanyakan metode penelitiannya. Alasannya,selama ini Fox dianggap bukan lembaga survei,melainkan konsultan pencitraan.

“Fox Indonesia bukan lembaga survei. Saya kira fox lembaga pembuat iklan kandidat dan pencitraan publik. Publik Sulsel cerdas. Bisa juga hasil survei ini dilansir oleh kandidat untuk menggaet sponsor politik,” tuding Direktur Lensa Indonesia, Sugianto Pattanegara.(gafar)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya