HTTP Status[404] Errno [0]

Makassar Jadi Pusat Menanggulangan Bencana

17 September 2012 22:41
Makassar Jadi Pusat Menanggulangan Bencana
Jusuf Kalla
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Lembaga Kemanusian, Palang Merah Indonesia menetapkan Kota Makassar sebagai pusat kendali penanggulangan bencana di kawasan timur Indonesia. Hal ini ditandai dengan penempatan Gudang Regional Indonesia PMI yang bertempat di Jalan Ir. Sutami, Biringkanaya, Makassar.

“ Gudang peralatan dan logistik  ini maksudnya agar apabila ada bencana sesegera mungkin dapat segera di tangani. Jadi prinsipnya mempercepat mobilisasi. “ ujar Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla saat meresmikan penggunaan gudang tersebut, senin ( 17/9 ).

Menurut JK, PMI tidak hanya fokus pada penanggulangan bencana alam, namun juga  pada becana lainnya seperti kebakaran. “ Jadi bencana itu bukan hanya banjir, gempa bumi, apalagi di sini, di sulsel sejauh ini kurang jika di bandingkan dengan di pulau lain. Yang lebih sering adalah kebakaran. Jadi kami akan siapkan 10 unit mobil pemadam di  setiap regional, termasuk di Makassar ini “ ujar JK.

Sejumlah peralatan serta logistik bencana yang saat ini tersedia di gudang PMI di Makassar menurut JK merupakan hibah dari negara Norwegia senilai 3 hingga 4 Milyar rupiah.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua PMI Sulsel, Apiaty Kamaluddin, Ketua Harian PMI Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin, Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal, Perwakilan dari Palang Merah Norwegia Chersti Heroidseide serta sejumlah petinggi PMI lainnya. Kegiatan ini juga memperingati Hari Ulang Tahun PMI yang ke 67 yang kali ini dipusatkan di Kota Makassar. “ Acara seperti ini memang tidak perlu besar, tidak usah meriah, cukup sederhana saja. Namun jika ada bencana, kegiatannya harus besar, artinya usaha membantu yang di perbesar “ ujar mantan Wakil Presiden RI ini.

Sementara itu, Ketua Harian PMI Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin kepada wartawan menjelaskan bahwa penempatan gudang logistik bencana ini memang sejak lama direncanakan, dan baru terealisasi sekarang.

“ Gudang PMI ini sangat strategis membantu masyarakat yang terkena bencana. Secara lokasi, tentunya kota Makassar serta sulsel secara umum sangat di untungkan karena logistik penanggulangan bencana dekat “ ujar Ilham.

Menurut Ilham, Sebagai pusat kendali, Gudang PMI di Makassar nantinya akan berfungsi sebagai pusat distribusi peralatan penanggulangan bencana di daerah – daerah yang terkena bencana di kawasan Indonesia Timur seperti Maluku,Maluku Utara, Papua, Papua Barat dan tentunya juga di pulau sulawesi.

“ Pak JK sudah janjikan untuk terus melakukan penambahan fasilitas, termasuk peralatan lain yang akan dibutuhkan setiap bencana menimpa. Semoga saja peralatan ini tidak pernah di gunakan, artinya jika tidak digunakan, berarti tidak ada bencana “ canda Walikota Makassar ini sambil tertawa (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya