HTTP Status[404] Errno [0]

Kesebelasan Kaltim Bawa Pulang Emas PON XVIII

20 September 2012 15:20
Kesebelasan Kaltim Bawa Pulang Emas PON XVIII
Kesebelasan Kalimantan Timur berhak mendapat medali emas PON XVIII Riau, setelah di final mengkandaskan Kesebelasan Sumatera Utara.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Kesebelasan Kalimantan Timur berhak mendapat medali emas PON XVIII Riau, setelah di final mengkandaskan Kesebelasan Sumatera Utara.

BugisPos — Kesebelasan Kalimantan Timur berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Sumatera Utara di partai final sepak bola PON XVIII 2012, Rabu (19/9/12) tadi malam.

Melalui pertarungan yang melelahkan di Stadion Kaharudin Nasution, Rumbai, Pekanbaru, Kaltim baru bisa mencetak gol di menit ke-14 babak tambahan waktu, melalui sepakan Loudri Meriana.

Dengan hasil ini, Kaltim berhak membawa pulang medali emas PON yang berlangsung empat tahun sekali. Sementara Sumatera Utara yang berada di posisi runner up, harus puas dengan medali perak.

Kedua kesebelasan tampil lepas demi meraih kemenangan di partai puncak begitu peluit kick off berbunyi.

Pertarungan antar lini kedua finalis terlihat berimbang dan sama-sama memiliki sejumlah peluang mencetak gol. Namun, tak ada gol yang tercipta hingga paruh pertama berakhir.

Usai turun minum, sebagaimana yang dilansir dari Inilah.com, Sumut langsung menggebrak melalui tendangan spekulasi Radiansyah dari luar kotak penalti. Tapi, bola yang melesat di menit ke-50 itu, masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Bayu Gatra yang menjadi andalan Kalimantan Timur, balas mengancam sepuluh menit berselang. Sayang tandukannya menyambut umpan silang Aldair Malatindo masih melebar dari target.

Asik menyerang, para pemain Sumut lengah dan hampir mendatangkan petaka. Lewat serangan balik yang dibangun para pemain Kaltim, pada menit ke-66, Lerby Eliandri berhasil mendapatkan peluang setelah mendapat umpan terobosan pemain tengah Kaltim.

Sayang Lerby egois dan melakukan tendangan ke gawang tergesa-gesa, padahal di sisi kananya ada Radiansyah. Bola tendangan Lerby melebar kesisi kiri gawang Sumut yang di jaga Ahmad Fauzi.

Pada menit-82 Sumut kembali mendapat peluang lewat kaki M. Irfan. Dengan skil individunya yang menawan berhasil menusuk masuk ke kotak pinalti dari sisi kanan, namun bola sontekannya masih dapat dapat dihadang penjaga gawang Kaltim, Dwi Yuda.

Sampai babak kedua usai skor 0-0 tidak berubah. Dengan demikian pertandinganpun dilanjutkan dengan waktu 2 X 15 menit.

Kaltim akhirnya memecah kebuntuan lewat gol yang dicetak Loudri menit ke-14. Loudri berhasil membobol gawang Sumut dengan tendangan keras menyusur tanah dari luar kotak penalti. Bola yang melaju keras tidak bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Sumut Ahmad Fauzi karena pandanganya tertutup barisan pemain belakang Sumut yang mencoba menahan laju serangan pemain Kaltim. Gol 1-0 untuk keunggulan sementara Kaltim.

Sumut yang ketinggalan satu gol langsung memperagakan gaya permainan menyerang di 15 menit babak kedua gunan mengejar selisih. Beberapa peluang pun diperoleh. Namun, serangan mereka gagal karena para pemain Kaltim bertahan dengan disiplin sehingga sangat sulit ditembus oleh para pemain depan Sumut.

Pertandingan sempat terhenti di menit ke-26 setelah terjadi keributan antara pemain dua kesebelasan. Beruntung kejadian itu tidak berlangsung lama dan pertandingan pun dilanjutkan kembali.

Memasuki menit ke-29 para pemain Sumut terus mendominasi permainan hampir seluruh pemain bertahan ikut membantu serangan. Sebaliknya, para pemain Kaltim hanya sesekali melakukan serangan dan lebih sering bertahan.

Meski terus melancarkan serangan sampai pertandingan usai, para pemain Sumut tidak mampu mengejar ketinggalan. Dengan demikian, maka Sumut harus mengakui keunggulan Kaltim yang menjadi pemilik sah medali emas PON kali ini.

Susunan pemain:

Kalimantan Timur: Dwi Yudha (kiper), Zaenal Fanani, Mari Siswanto, Wahyu, Imam Bayhaqi, Radiansyah, Sandi, Sevan Lingga, Bayu Gatra, Aldair Makatindo, Lerby Eliandri.

Sumatera Utara: Ahmad Fauzi (kiper), Hadi Jane Putra, Rony Saputra, Agung Prasetyo, Hardianto, M Solih, Aidun Sastia Utami, Saddam Rizal, Eddy Syaputra, Zulkifli, Syafri Koto.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya