HTTP Status[404] Errno [0]

Tim IA Lapor KPU ke Panwaslu Sulsel

20 September 2012 15:22
Tim IA Lapor KPU ke Panwaslu Sulsel
Tim Ilham-Aziz (IA) melaporkan KPU ke Panwaslu Sulsel terkait verifikasi Cawagub yang dinilai tidak sesuai aturan.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Tim Ilham-Aziz (IA) melaporkan KPU ke Panwaslu Sulsel terkait verifikasi Cawagub yang dinilai tidak sesuai aturan.

BugisPos –Â Tim pasangan calon Ilham Arief Sirajuddin-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (IA) mengambil langkah tegas terkait proses verifikasi dukungan partai politik di pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulsel 22 Januari 2013 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel.

Tata cara penerimaan pendaftaran calon yang tidak transparan menjadi alasan tim IA melaporkan KPU kepada Panwaslu Sulsel, Makassar, Rabu (19/9/2012).

“Kami melaporkan soal parpol pengusung calon yang dukungannya ganda. Selain itu, kami juga mempersoalkan tata cara pelayanan KPU saat pendaftaran calon yang dilakukan secara berbeda terhadap kandidat,” kata anggota Tim Hukum dan Advokasi IA, Syahrir Cakkari seperti yang dilansir dari Tribun Timur.com di Kantor Panwaslu, Makassar, Sulsel.

Syahrir menjelaskan, pedoman teknis KPU dan undang-undang mempersyaratkan pimpinan parpol pendukung hadir. Dalam UU, tegas bahwa pimpinan parpol yang dimaksud adalah ketua dan sekretaris.

“Harusnya KPU secara terbuka melakukan verifikasi pimpinan parpol yang hadir saat pendaftaran. Faktanya, ada kandidat yang tidak dilakukan cross check, langsung dinyatakan memenuhi syarat, sementara banyak pimpinan parpol pendukung yang tidak hadir,” ungkap Syahrir.

Ketua Panwaslu Sulsel, Suprianto mengatakan, pihaknya juga sudah menyampaikan ke KPU Sulsel terkait masalah itu. Hasilnya, untuk pasangan Sayang dan IA, sudah dilakukan cross check pimpinan parpol pendukung yang hadir saat pendaftaran.(*)

“Tidak betul itu cara yang dilakukan KPU kalau hanya terima berkas langsung nyatakan memenuhi syarat tanpa cross check,” kata Suprianto.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya