HTTP Status[404] Errno [0]

PON XVIII Riau 2012, Prestasi Sulsel Anjlok

22 September 2012 00:58
PON XVIII Riau 2012, Prestasi Sulsel Anjlok

BugisPos — Di hari terakhir perhelatan PON XVIII Riau tahun 2012, dengan tambahan medali emas dari cabang renang indah yang dipersembahkan Shelvi Melowa, kontingen Sulsel meraih total 19 medali emas, 17 medali perak, dan 21 medali perunggu. Dengan hasil itu, posisi Sulsel berada di posisi ketujuh klasemen terakhir perolehan medali.

Sulsel kalah bersaing dari Jabar, Jatim, Jawa Tengah, Riau, Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta yang tampil sebagai juara umum. Seperti yang dikutip dari Fajar online, posisi ini lebih buruk dibanding empat tahun lalu saat PON berlangsung di Kalimantan Timur.

Saat itu, Sulsel menempati posisi terbaik setelah tahun 1957, yakni peringkat keenam dengan 25 medali emas, 23 medali perak, dan 28 medali perunggu. Bukan hanya peringkat Sulsel yang anjlok, namun target perolehan medali juga tak tercapai.

KONI Sulsel menargetkan 32 keping medali emas, 24 medali perak, dan 42 medali perunggu. Kenyatannya hanya 19 medali emas yang mampu direbut oleh atlet-atlet Sulsel, jauh dari perolehan medali tahun 2008.

Hasil buruk ini tidak lepas dari banyaknya atlet andalan yang gagal meraih medali emas. Atlet panjat tebing SEA Games 2011, Hermawan hanya mampu menyumbang medali perak. Sama halnya dengan peselancar angin senior, Fadly Faizal. Petinju Erico Amanupunyo malah harus puas dengan medali perak.

Ketua Satgas Kontingen KONI Sulsel, Marzuki Wadeng mengatakan, pihaknya tak menyangka ada atlet andalan yang gagal pada PON kali ini. Padahal, sejak awal diyakini mampu meraih medali emas.

“Sepertinya mereka tidak beruntung. Karena saat pertandingan sudah berjuang maksimal. Untungnya, ada atlet kita yang melampaui target,” katanya.

Petakraw putra andalan Sulsel, Saiyed Nur Adil juga mengaku heran dengan performa tim sepak takraw Sulsel pada PON kali ini. “Kalau dari segi kualitas pemain sangat berimbang dengan kontingen daerah lain,” ujarnya.(gafar)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya