HTTP Status[404] Errno [0]

Presiden SBY Desak Mobil Ramah Lingkungan Dipasarkan 2014

22 September 2012 00:57
Presiden SBY Desak Mobil Ramah Lingkungan Dipasarkan 2014
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Pemerintah terus mengeluhkan beban subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang membebani APBN. Mobil ramah lingkungan didesak untuk direalisasikan, untuk membantu mengurangi beban subsidi.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengharapkan ‘green car’ dapat segera dipasarkan tahun 2014 mendatang.

“Semua mengetahui bahwa negara kita memang memerlukan kendaaraan seperti itu, apakah mobil listrik atau mobil hibrida kombinasi dari bahan bakar listrik yang sangat menghemat BBM,” ujar SBY, di Kantor Presiden, seperti yang dirilis Inilah.com di Jakarta, Rabu (19/9/2012)

“Dengan penggunaan BBM maka kita tidak dibebani penggunaan subsidi yang berlebihan, yang barangkali justru tidak tepat sasaran. Dengan demikian fiskal kita akan terjaga. Kedua, lingkungan juga akan diuntungkan karena tidak ada polusi atau gas buang co 2 yang tidak kita kehendaki,” imbuh SBY.

Hal ini dikemukakan SBY dalam pembukaan Sidang Kabinet Terbatas bidang ekonomi. Lebih lanjut SBY mengatakan, beban pemerintah dalam menyediakan kebutuhan BBM sangat terbelit dengan aturan hukum yang melarang pemerintah untuk menaikan harga BBM bersubsidi. Selain itu kebutuhan BBM yang tinggi mengakibatkan persediaan BBM tidak mencukupi.

“Untuk diketahui saya dapatkan laporan dari menteri ESDM, karena BBM kita tidak naik, volume yang digunakan rakyat ini tetap tinggi. Sehingga ada pembicaraan antara DPR dan pemerintah tentang quota yang realistik. Semua juga tahu, ‘cost’ atau konsekwensi dari tidak naik adalah penggunaan BBM yang sangat besar, sehingga membawa beban pada APBN kita, fiskal kita,” jelas SBY.

Inovasi pengembangan mobil ramah lingkungan ini telah dibicarakan SBY dengan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak, di Vladivostok, Rusia, pekan lalu. “Dan Presiden Lee mengatakan menyambut baik,” kata SBY.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya