HTTP Status[404] Errno [0]

SIL Desak Kejati Sultra Usut Tuntas Dugaan Korupsi Rektor Unhalu

22 September 2012 00:53
SIL Desak Kejati Sultra Usut Tuntas Dugaan Korupsi Rektor Unhalu
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Sultra Intelektual Law (SIL) mendesak Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Kejati Sultra) mengusut tuntas dugaan korupsi rektor Universitas Haluleo (Unhalu) Prof Usman Rianse. Ratusan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa sambil berorasi di depan pintu masuk Kejati Sultra belum lama ini.

“Kami dari Sultra Intelektual Law atas nama mahasiswa mendesak Kejaksaan Tinggi mengusut dugaan kasus korupsi rektor Unhalu. Kami juga mendesak menetapkan rektor Unhalu sebagai tersangka,” tegas koordinator SIL, Kaisar Ismail Kalenggo dalam orasinya.

Selain mendesak Kejati mengusut tuntas dugaan korupsi rektor Unhalu, mahasiswa juga mendesak menetapkan Prof Usman Rianse sebagai tersangka. Mereka pun menuntut rector dinon-aktifkan dari jabatan yang diemban, sambil memproses secara hukum dugaan kasus korupsi yang dituduhkan kepadanya.

Pantauan reporter BugisPos.com di lapangan, massa mahasiswa selain berorasi, juga menyebarkan selembar kertas yang digandakan bertuliskan beberapa dugaan korupsi yang dilakukan rektor. Salah satu yang mendapat sorotan yakni pembangunan gedung baru pasca sarjana Unhalu, yang semestinya rampung Desember 2012, namun molor hingga April 2012.

Dugaan pelanggaran lainnya yang dilakukan rektor melalui pendistribusian mobuler merk ligna secara besar-besaran ke setiap fakultas dan unit-unit kerja lainnya. Padahal tidak ada permintaan pengadaan dari fakultas serta unit-unit kerja.

Dalam selebaran disebutkan pula pemaksaan rector kepada para Pembantu Dekan (PD) II dan III untuk mempertanggung-jawabkan laporan keuangan tahun 2012 yang diduga fiktif. Selain itu disoroti perjalanan dinas ke Jepang yang diduga kerja sama fiktif, kasus manipulasi anggaran kurang lebih Rp12 milyar dari program pasca sarjana tahun 2010-2012, dengan asumsi rata-rata penerimaan mahasiswa sebanyak 1600 orang.(arfan/gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya