HTTP Status[404] Errno [0]

Wakil Ketua DPRD Gowa Akan Tempuh Jalur Hukum

23 September 2012 00:26
Wakil Ketua DPRD Gowa Akan Tempuh Jalur Hukum

BugisPosAnggota DPRD Gowa bersuara bulat menyetujui usulan pemberhentian jabatan Wakil Ketua DPRD Gowa, Mappaoddang Daeng Lingka. Selanjutnya, anggota DPRD Gowa asal PAN, Syarifuddin Daeng Tutu menggantikan posisi Mappaoddang.Â


Atas persetujuan tersebut, Mappaoddang menegaskan akan melakukan gugatan ke DPRD. Sebelum disetujui, Mappaoddang Daeng Lingka meminta agar seluruh legislator yang menghadiri rapat paripurna atas usulan pemberhentian jabatan Wakil Ketua DPRD Gowa, Jumat, (21/9/2012) mempertimbangkan persetujuan tersebut.

Pasalnya, Mappaoddang mengklaim telah mendapatkan kabar dari DPP PAN mengenai proses PAW atas jabatan wakil ketua DPRD yang dipegangnya.

“Senin kemarin saya ke DPP dan pihak DPP menyatakan masalah ini akan menjadi kajian internal,” tegasnya.

Mappaoddang juga memperlihatkan pesan pendek (SMS) dari pejabat PAN yang menangani masalah sengketa. Dia juga mengklaim petinggi PAN seperti Andi Taufan Tiro dan Yuliani Paris telah meminta agar pemberhentian jabatan wakil ketua DPRD Gowa itu ditinjau kembali.

Tetapi jika DPRD Gowa tetap ngotot melanjutkan dan menyetujui usulan pemberhentian atas jabatan wakil ketua DPRD yang dipegangnya, maka Mappaoddang sebagaimana yang dikutip dari Fajar online, akan menggugat DPRD secara kelembagaan.

“Kalau nantinya keputusan ini merugikan saya, maka tentu saya akan menempuh jalur hukum,” ancamnya.

Ketua DPRD Gowa, Ansar Usman yang memimpin jalannya rapat paripurna menyatakan tetap melanjutkan rapat tersebut. Sesuai tata tertib DPRD, kata Ansar, rapat tersebut akan diserahkan kepada seluruh anggota DPRD untuk dimusyawarahkan. Tetapi bila musyawarah tidak berhasil, akan dilakukan voting.

Syarifuddin Daeng Tutu pun menolak voting. Dia meminta usulan pemberhentian jabatan wakil ketua itu diputuskan melalui mekanisme musyawarah, bukan voting.

Setelah diserahkan kepada anggota yang hadir dalam rapat, mereka pun memberikan persetujuannya. Atas persetujuan itu, jabatan Wakil Ketua DPRD Gowa pun akan dipegang oleh Syarifuddin Daeng Tutu, setelah melewati proses di Bupati Gowa dan Gubernur Sulsel.

Sekali pun sempat berdebat, Mappaoddang mau pun Syarifuddin tidak memperlihatkan sikap bermusuhan. Usai rapat, kedua politisi PAN ini pun berangkulan. Anggota DPRD yang lain tampak menyemangati keduanya.

Syarifuddin yang juga Ketua DPD PAN Gowa ini mengatakan, usulan pemberhentian itu bukan atas permintaannya. DPP PAN pada 2009 lalu mengeluarkan SK No PAN/A/Kpts/KU-SJ/074/VIII/2009, tentang Pedoman Penetapan Pimpinan DPRD Prov, DPRD Kab/Kota, periode 2009-2014.

Dalam aturan yang baru itu, ketua partai harus menduduki jabatan tertinggi di DPRD. Sementara di DPRD Gowa, PAN mendapatkan jatah satu kursi wakil ketua setelah berhasil menduduki rangking ketiga dalam perolehan suara, di pemilihan legislatif 2009 lalu.

Syarifuddin juga memperlihatkan SK dari DPP PAN No PAN/A/KU-JS/152/VIII/2012 tentang Pergantian Wakil Ketua. SK tersebut ditandatangani langsung Hatta Rajasa selaku ketua umum dan Taufik Kurniawan sebagai sekretaris jenderal. Â

“Kalau memang ada surat lain dari SK ini, akan kita lihat apakah memang benar-benar ada atau tidak. Tapi rapat paripurna ini harus diselesaikan hari ini juga,” tandasnya.(gafar)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya