HTTP Status[404] Errno [0]

Bantaeng Akan Kembangkan Padi Darat di Lahan Kering

24 September 2012 22:43
Bantaeng Akan Kembangkan Padi Darat di Lahan Kering

BugisPos — Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Pemerintah Kabupaten Bantaeng (Pemkab) akan mengembangkan tanaman padi lahan kering. Luas lahan sawah tadah hujan yang akan ditanami pada Oktober ini adalah 1.500 hektare.
Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Dispertanak Bantaeng, Muchlis TR mengatakan, sudah mengusulkan bantuan benih padi darat ini melalui balai benih Sang Hyang Seri, Kabupaten Maros. Sebanyak 15 ton benih padi akan dikembangkan dengan target produksi hingga dua ton per hektare.

Muchlis mengatakan, kelebihan dari padi darat ini adalah tidak memiliki ketergantungan dengan air yang banyak. Oleh karena itu, pada musim kemarau yang diprediksi hingga akhir Desember ini, pihaknya akan mulai mengembangkan tanaman ini.

“Jadi kalau kemarau padinya tidak terlalu bergantung dengan air, karena memang untuk lahan kering. Sehingga kami menganggap cocok untuk musim kemarau,” jelas Muchlis.

Dia menambahkan, rencananya setiap hektare sawah tadah hujan akan mendapatkan benih sebanyak 20 kilogram per hektare. Sebagaimana yang dikutip dari FAJAR online menyebutkan, sebanyak 25 Sekolah Lapang Penanaman Tanaman Terpadu (SLPTT) akan mendapatkan jatah benih ini.
Rencananya, padi ini akan dikembangkan di Kecamatan Pa’jukukang, Gantarang Keke, Bisappu, Eremerasa, dan Kecamatan Bantaeng.

Sekretaris Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Sulsel Asri, mengaku belum mengetahui rencana tersebut. Pihaknya baru akan berencana untuk melakukan koordinasi dengan pihak Dispertanak untuk pengembangan tanaman itu.

Salah seorang petani asal Kecamatan Sinoa, Issang berharap rencana itu bisa menjadi fokus Pemkab Bantaeng. Asalkan, tandasnya, tidak merugikan petani yang ada di Bantaeng. “Selama tidak merugikan, petani akan menerima program itu,” jelasnya.(far)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya