HTTP Status[404] Errno [0]

Agar Sertifikat Tak Bermasalah, BPN Ingatkan Lurah

26 September 2012 01:16
Agar Sertifikat Tak Bermasalah, BPN Ingatkan Lurah
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tenggara mengingatkan pada kepala desa atau lurah agar lebih berhati-hati mengeluarkan surat keterangan tanah (SKT).
Kepala Kantor Wilayah BPN Sultra All Jabar usai peringatan HUT Agraria ke 52, di Kendari, Senin mengatakan, SKT merupakan salah satu dasar atau pintu awal untuk memberikan sertifikat terhadap lahan atau bidang tanah sehingga sebelum dikeluarkan SKT harus diteliti keberadaan tanah.

“Kalau SKT sudah tidak benar dan asal dikeluarkan, maka akan berdampak pada sertifikat yang dikeluarkan oleh BPN,” kata All Jabar.

Ia mengatakan, banyaknya sertifikat yang selama ini dikeluarkan oleh BPN kemudian bermasalah karena banyak pihak yang mengklaim lahan yang sudah disertifikatkan, karena SKT yang dikeluarkan sebelumnya tidak diteliti dengan baik.

“Sebelum SKT dikeluarkan, saya minta para kepala desa atau lurah untuk meneliti dan melihat asal usul tanah tersebut, sehingga meminimalisir masalah jika sudah disetifikatkan,” katanya.

Sebagai ujung tombak pemerintah dalam melayani masyarakat, maka BPN, kata All Jabar, mengimbau kepada kepala desa atau lurah agar tidak menjadikan jabatan itu untuk sewenang-wenang mengeluarkan SKT.

“Kami menyadari, bahwa kepada desa merupakan ujung tombak kami sebagai penyelenggara program pemerintah yang langsung berhadapan dengan warga, tetapi jangan sampai kekuasaan tersebut digunakan sewenang-wenang tanpa memperhatikan akibatnya,” katanya.

Seperti yang dikutip dari ANTARA News, All Jabar berjanji, pihaknya akan lebih waspada dan teliti dalam mengeluarkan sertifikat, sehingga meminimalisir adanya masyarakat yang dihadapkan di meja persidangan karena saling klaim tanah yang sudah bersertifikat.(far)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya